Islam Media

Candi Borubudur; Peninggalan Nabi Sulaiman?

candi borubudur1

candi borubudur1




KH FAHMI Basya, ahli matematika Islam dalam bukunya Matematika Islam 3, menyatakan bahwa Candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman di tanah Jawa. Benarkah?

Dalam bukunya tersebut, Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan Nabi Sulaiman. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya kekuasaan Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lain-lain.

Dalam Al-Qur’an, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba dikisahkan pada surat An-Naml [27] : 15-44, Saba [34] : 12-16, dan lain-lain. Tentu banyak yang tidak percaya bahwa Candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman.

Di antara alasannya, karena Nabi Sulaiman hidup pada abad 10 SM, sedangkan Borobudur dibangun pada abad 8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, kisah itu terjadi di Palestina dan Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia.

Baca Juga :





Tentu saja hal ini membuat¬† penasaran, apalagi Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya melalui keterangan Al-Qur’an. Fahmi juga membuat pernyataan bahwa relief-relief di Borobudur identik dengan kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Al-Qur’an.

matematika_islam_3_8_okLalu, pekerjaan jin yang belum selesai dikarenakan para jin tahu karena Nabi Sulaiman telah wafat. Lalu mereka menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum selesai, yaitu Unfinished Solomon.

Bukti selanjutnya, Nabi Sulaiman memerintahkan untuk membentuk gedung besar dan patung-patung. Patung-patung yang beribu-ribu jumlahnya adalah Candi Borobudur, sedangkan bangunan yang besar-besar adalah Candi Prambanan.

Saba di Indonesia adalah Wonosobo. Dalam Al-Qur’an, Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. Lalu Nabi Sulaiman memerintahkan burung Hud-Hud mengirim surat ke Ratu Saba, kediamannya di Candi Ratu Boko, yaitu 36 kilometer dari Borobudur. Surat itu berupa pelat emas, dan pernah ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Selain bukti-bukti di atas, Fahmi Basya masih mengungkapkan bukti-bukti kuat yang menegaskan bahwa kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba berada di Indonesia. Nah, bagaimana menurut Anda? [pulsk]



islampos mobile :

12 Comments

12 Comments

  1. abdulloh

    July 31, 2013 at 8:38 am

    ya tambah2 info aja

  2. Ramadhan Raju

    August 2, 2013 at 7:39 am

    Bisa za itu benar….manusia diberi akal gunanya untuk bisa membuktikannya..dan ternyata sedikit demi sedikit bisa dibuktikan!!!

    • Atha Ghaly Dharmabudi

      April 16, 2014 at 8:51 am

      Mungkin aja, kan kristen dan yahudi juga gitu. Dulunya bertauhid, sekarang udah syirik

  3. Mang Kocak

    December 9, 2013 at 11:35 am

    apakah ini khayalan..?

  4. Atha Ghaly Dharmabudi

    April 16, 2014 at 8:50 am

    Inilah yang disayangkan dari Islampos, setipa artikelnya tanggung. Ga pernah dibahas tuntas

  5. Haryadi be

    April 16, 2014 at 11:53 am

    Semakin ngawur adminnya, asal posting aja,pertimbangkan dulu lain kali min…ckckckck

  6. lele

    May 10, 2014 at 10:39 pm

    Kawan – kawan sudah baca bukunya? Sudah lihat film dokumenternya?
    Yakin tak yakin, itu nomer sekian. Tak ada salahnya kalau membaca dan mendalaminya dulu. Setidaknya, kegigihan meneliti beliau lebih dari 10 tahun patut kita apresiasi. Lebih dari itu, info yg sy dapat dari beberapa kawan, beliau seorang hafiz. Wallahu a’lam bissawwab.

  7. pesona wanita

    December 11, 2015 at 2:14 pm

    banyak yang mengungkapkan kisah islam yng ada benang merahnya dengan pulau jawa, mulai nabi nuh yg kyu kapalnya berasal dari pulau jawa yaitu kayu jati

  8. budi setya

    December 12, 2015 at 5:49 am

    Yakin …? Nabi sulaiman memerintahkan membuat banyak patung ?
    Dalam islam bukanya ada larangan kita membuat dan menghiasi rumah atau bangunan dg patung ya ? Sepertinya islam pos kali ini ngaco… dan sumbernya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

  9. Musfik amrullah

    March 22, 2016 at 9:25 am

    Coba lebih detail lagi keteranganya , ayat al-Qur’anya dan bagaimana uraian sejarahnya.

  10. adit

    March 23, 2016 at 1:21 am

    kepada budi setya, Perintah Nabi Sulaiman As memerintahkan Jin membuat patung itu ada dalilnya dalam surat Saba’ ayat 13, –”Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.”–. dan sedikit ingin saya jelaskan tentang patung, jadi dalam al-qur’an kata patung itu bermakna 2, yaitu 1. ashnaam dan 2. tamatsil, kalau ashnaam itu patung yg berfungsi sebagai berhala untuk penyembahan, dan ini muncul dalam kisah nabi ibrahim As, sedangkan Tamatsil, merupakan patung yang berfungsi sebagai bahan informasi / peragaan, dan hal ini muncul dalam kisah Nabi Sulaiman As, saat beliau memerintahkan Jin membuat tamatsil (Patung) di kerajaannya. jadi meskipun antara ashnaam dan tamatsil sama2 berarti patung, tetapi maknanya berbeda.

  11. Syaifullah yusuf

    May 28, 2016 at 2:08 pm

    kalau misalnya benar Indonesia adalah negeri Saba’.. maka Insonesia gak akan pernah maju dong??

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top