DALAM ilmu qirā’at, terdapat satu bab penting yang dikenal sebagai Idghām Kabīr. Disebut idghām karena melibatkan proses peleburan huruf pertama ke huruf kedua, dan disebut kabīr karena huruf pertama yang dilebur dalam keadaan berharakat. Bab ini dikhususkan oleh Imam Asy-Syathibi untuk Imam Abu Amr Al-Bashry. Beliau menyebutkan dalam baitnya:
وَدُونَكَ الإِدْغَامَ الكَبِيرَ وَقُطْبُهُ
أَبُو عَمْرٍو البَصْرِيُّ فِيهِ تَحَفُّلا
Meskipun para pensyarah matan Asy-Syathibiyyah menjelaskan bahwa idghām kabīr ini lebih spesifik untuk Imam As-Susi `an Abi Amr, sebenarnya bab ini juga berlaku pada hampir semua riwāyat dalam qirā’at asyrah, bahkan kubrā, meskipun tidak sekompleks kaidah yang diterapkan oleh Imam As-Susi.
Karena bacaan yang masyhur adalah riwāyat Hafsh, berikut pembahasan tentang idghām kabīr dalam riwāyat ini.
1- Kata مَكَّنِّيْ
Ayat:
قَالَ مَا مَكَّنِّىۡ فِيۡهِ رَبِّىۡ خَيۡرٌ… (QS Al-Kahfi: 95)
Asal muasal: مَكَّنَنِيْ (makkananī).
Mayoritas qurrā asyrah membaca dengan idghām: مَكَّنِّي (makkannī).
Pengecualian: Imam Ibn Katsir membaca dengan idzhār.
Bait Asy-Syathibi:
وَمَكَّنَّي أَظْهَرَ دَلِيلا
BACA JUGA: 6 Alasan Imam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Membaca Mad Jaiz Munfashil dengan Qashr
2- Kata تَأمُرُونِّي
Ayat:
قُلۡ اَفَغَيۡرَ اللّٰهِ تَاۡمُرُوۡٓنِّىۡۤ… (QS Az-Zumar: 64)
Asal muasal: تَأمُرُونَنِي (ta’muruunani).
Dibaca dengan idghām: تَأمُرُونِّي (ta’muruunnii).
Pengecualian: Imam Ibn Amir membaca dengan idzhār.
Bait Asy-Syathibi:
وَزِدْ تَأمُرُونِّي النُّونَ كَهْفًا وَعَمَّ خَفَّهُ
3- Kata لَا تَأۡمَ۬نّا
Ayat:
قَالُوۡا يٰۤاَبَانَا مَا لَكَ لَا تَأۡمَنَّا… (QS Yusuf: 11)
Asal muasal: لَا تَأْمَنُنَا (lā ta’manunā).
Dibaca dengan idghām: لَا تَأمَنَّا (lā ta’mannā) disertai isymām atau ikhtilās.
Pengecualian: Abu Jafar memilih hanya idghām tanpa isymām.
Bait Asy-Syathibi:
وَتَأْمَنَّا لِلْكُلِّ يُخْفِي مُفَصَّلا
وَأَدْغَمَ مَعَ إِشْمَامِهِ الْبَعْضَ عَنْهُمْ
4- Kata أَتُحَاجُّونِّي
Ayat:
…قَالَ أَتُحَاجُّونِّي فِي اللَّهِ… (QS Al-An’am: 80)
Asal muasal: أَتُحَاجُّونَنِي (atuhājjūnanī).
Bacaan idghām:
Takhfīf nun: أَتُحَاجُونِي (atuhājjūni) oleh Imam Nafi’, Abu Ja’far, Hisyam (bi khulf), dan Ibn Dzakuan.
Tasydīd nun: أَتُحَاجُّونِّي (atuhājjūnnī) oleh imam lainnya.
Bait Asy-Syathibi:
وَخَفِّفْ نُونا قَبْلَ فِي اللَّهِ مَنْ لَهُ
5- Kata يَرْتَدَّ
Ayat:
…يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ… (QS Al-Maidah: 54)
Asal muasal: يَرْتَدِدُ (yartadidu).
Dibaca dengan idghām: يَرْتَدَّ (yartadda).
Idzhār: Mazhab Imam Nafi’, Abu Ja’far, dan Ibn Amir.
Idghām: Bacaan imam lainnya.
Bait Asy-Syathibi:
يَرْتَدَّ عَمْ مُرْسِلًا
وَحَرَّكَ بِالإِدْغَامِ لِلْغَيْرِ دَالَهُ
6- Kata يُحَآدُّونَ
Ayat:
…إِنَّ الَّذِينَ يُحَآدُّونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ… (QS Al-Mujadilah: 5)
Asal muasal: يُحَادِدُونَ (yuhādidūna).
Seluruh qurrā asyrah sepakat membaca dengan idghām kabīr pada QS Al-Mujadilah.
Pada QS At-Taubah: 63, semua sepakat membaca dengan idzhār.
7- Kata يُشَآقُّ
Ayat:
…ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ شَاقُّوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ… (QS Al-Hasyr: 4)
Asal muasal: يُشَاقِقُ (yusyāqiqu).
Dibaca dengan idghām kabīr pada QS Al-Hasyr.
Pada QS At-Taubah, seluruh qurrā asyrah membaca dengan idzhār.
8- Kata حَيَّ
Ayat:
…وَيَحْيَىٰ مَنْ حَيَّ عَنْ بَيِّنَةٍ… (QS Al-Anfal: 42)
Asal muasal: حَيِيَ (hayiya).
Idzhār: Mazhab Imam Nafi’, Abu Ja’far, Al-Bazzi an Ibn Katsir, dan Syu’bah an Ashim.
Idghām: Bacaan imam lainnya.
Bait Asy-Syathibi:
وَمَنْ حَيِي اكْسِرْ مُظْهَرًا إِذْ صَفَا هُدِيَ
9-Kata يَأْتِينِي
Ayat:
…لَيَأْتِيَنِّي بِسُلْطَانٍ مُّبِينٍ (QS An-Naml: 21)
Asal muasal: لَيَأْتِيَنَّنِّي (laya’tiyannanī).
Terdapat tiga nun:
Nun sukun (fi’il).
Nun fathah (taukid tsaqilah).
Nun wiqayah (pemisah dengan ya’ mutakallim).
Idzhār: Mazhab Imam Ibn Katsir.
Idghām: Bacaan jumhur qurrā asyrah.
Bait Asy-Syathibi:
وَقُلْ يَأْتِينَنِّي دَنَا
10- Kata تُشَآقُّونَ
Ayat:
…تُشَآقُّونَ فِيهِمْ… (QS An-Nahl: 27)
Asal muasal: تُشَآقِقُونَ (tusyāqiqūna).
Bacaan:
Imam Nafi’ dan Abu Ja’far membaca dengan fathah pada nun: تُشَآقُّونَ (tusyāqquna).
Jumhur membaca dengan kasrah pada nun: تُشَآقُّونِي (tusyāqqunī).
Bait Asy-Syathibi:
وَمَنْ قَبْلَ فِيهِمْ يَكْسِرُ النُّونَ نَافِعٌ
11- Kata نِعِمَّا
Ayat:
…فَنِعِمَّا هِيَ… (QS Al-Baqarah: 271)
…نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِ… (QS An-Nisa: 58)
Asal muasal: نِعْمَ مَا (ni’ma mā).
Setelah idghām: نِعِمَّا (ni’immā).
BACA JUGA: Fenomena Panjang Mad Thabii dan Ghunnah
Bacaan:
Idghām dengan kasrah penuh: Imam Warsh, Ibn Katsir, Hafsh, dan Ya’qub.
Ikhtilas kasrah: Qalun, Abu Amr, Syu’bah, dan Abu Ja’far.
Bentuk asli tanpa perubahan: Imam Ibn Amir, Hamzah, Kisai, dan Khalaf.
Bait Asy-Syathibi:
نِعِمَّا مَعًا فِي النُّونِ فَتْحٌ كَمَا شَفَا
وَإِخْفَاءُ كَسْرِ العَيْنِ صِيغَ بِهِ حَلَا
Demikian 11 letak bacaan idghām kabīr yang ditemukan dalam riwāyat Hafsh maupun imam lainnya. Mungkin masih ada tempat lain yang belum ditemukan.
Wallāhu a’lam. []
SUMBER: MQIMEDIA