BERDOA setelah shalat fardhu merupakan perkara yang dianjurkan atau minimal boleh. Dan ini merupakan pendapat dari jumhur ulama’ ( mayoritas ulama’ ). Pendapat ini didasarkan kepada beberapa dalil dan argumen, di antaranya:
Pertama:
Firman Allah Ta’ala:
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ
“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”. [ QS. Asy-Syarh: 7 ].
Telah diriwayatkan tafsir dari Qotadah –rohimahullah-terhadap ayat ini, sebagaimana disebutkan oleh Al-Imam Ath-Thobari –rohimahullah- beliau berkata:
حدثنا بشر قال: ثنا يزيد قال: ثنا سعيد عن قتادة قوله: { فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ } قال: (( أمره إذا فرغ من صلاته أن يبالغ في دعائه )).
Busyr telah menceritakan kepada kami, ( beliau berkata ), Yazid telah menceritakan kepada kami, ( beliau berkata ) Sa’id telah menceritakan kepada kami, ( beliau berkata ) dari Qotadah pada firman Alloh Ta’ala : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”, beliau berkata : “Alloh memerintahkan kepadanya apabila telah selesai dari sholatnya, untuk bersungguh-sungguh dalam do’anya”. [ Tafsir Ath-Thobari : 24/498 ].
BACA JUGA: Jangan Berputus Asa dalam Berdoa
Sanad di atas shohih atau minimal hasan.
Al-Imam Ibnu Katsir –rohimahullah- berkata:
وَقَالَ عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَلْحَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ:فَإِذا فَرَغْتَ فَانْصَبْ، يَعْنِي فِي الدُّعَاءِ
“Ali bin Abi Tholhah berkata dari Ibnu Abbas : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”, maksudnya : ( bersungguh-sungguh ) dalam do’a”. [ Tafsir Ibnu Katsir : 8/419 ].
Al-Imam Ibnu Abi Zamanain Al-Maliki –rohimahumullah- ( wafat : 399 H ) berkata:
فَإِذَا فَرَغْتَ مِنَ الصَّلَاة فانصب فِي الدُّعَاء
“Maka apabila kamu telah selesai dari sholat, hendaknya bersungguh-sungguh dalam berdo’a”. [ Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim : 5/144 ].
Al-Imam Al-Baghawi Asy-Syafi’i –rohimahullah- ( wafat : 510 H ) berkata:
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَقَتَادَةُ وَالضَّحَّاكُ وَمُقَاتِلٌ وَالْكَلْبِيُّ: فَإِذَا فَرَغْتَ مِنَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ فَانْصَبْ إِلَى رَبِّكَ فِي الدُّعَاءِ، وَارْغَبْ إِلَيْهِ فِي الْمَسْأَلَةِ يُعْطِكَ.
“Ibnu Abbas, Qotadah, Adh-Dhohhak, Muqotil, dan Al-Kalbi –rohimahumullah- berkata: “Apabila kamu telah selesai dari sholat fardhu, maka bersungguh-sungguhlah berdo’a kepada Rabb-mu dan berharaplah kepada-Nya dalam permasalahan, Dia akan memberimu”. [ Ma’alimut Tanzil : 5/276 ].
Al-Imam Abul Laits Nashr bin Muhammad As-Samarqondi –rohimahullah- ( wafat : 373 H ) berkata:
قال قتادة: فإذا فرغت من الصلاة، فانصب في الدعاء. هكذا قال الضحاك،… فيقال فَإِذا فَرَغْتَ من الصلاة، فانصب نفسك للدعاء والمسألة، وَإِلى رَبِّكَ فَارْغَبْ يعني: إلى الله فارغب في الدعاء، برفع حوائجك إليه، والله أعلم وأحكم بالصواب.
“Qotadah berkata : “Maka apabila kamu telah selesai dari sholat, hendaknya bersungguh-sungguh dalam berdo’a. Demikian pula pendapat Adh-Dhahak…..Dinyatakan : “Apabila kamu selesai dari sholat, maka bersungguh-sungguhlah kamu dalam berdo’a dan minta” ( kepada Alloh ). “Dan kepada Rabb-mu hendaknya kamu berharap, maksudnya : kepada Alloh hendaknya kamu berharap dalam berdo’a dengan menggangkat segala kebutuhanmu kepada-Nya, Alloh Maha Mengetahui dan Maha Hikmah terhadap kebenaran”. [ Bahrul ‘Ulum : 3/594 ].
Al-Imam Abu Bakar Al-Jurjani –rohimahullah- ( wafat : 471 H ):
وعن عمران بن حصين في قوله: {فَإِذا فَرَغْتَ فَانْصَبْ} أي: إذا فرغت من الصّلاة وقعدت فانصب في الدّعاء
“Dari ‘Imron bin Hushoin pada firman Alloh Ta’ala : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”, artina : Apabila kamu selesai dari sholat dan kamu duduk, maka hendaknya kamu bersungguh-sungguh dalam berdo’a”. [ Darjud Duror : 2/719 ].
Al-Imam Abdurrazzaq Ash-Shon’ani –rohimahullah- ( wafat : 211 H ) berkata:
عَنْ مَعْمَرٍ , عَنْ قَتَادَةَ , فِي قَوْلِهِ تَعَالَى: {فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ} [الشرح: 7] قَالَ: «إِذَا فَرَغْتَ مِنْ صَلَاتِكَ فَانْصَبْ فِي الدُّعَاءِ»
“Dari Ma’mar, dari Qotadah pada firman Alloh Ta’ala : : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”, beliau berkata : Apabila kamu telah selesai dari sholatmu, maka bersungguh-sungguhlah kamu dalam berdo’a”. [ Tafsir Abdurrazzaq : 3/348 ].
Al-Imam Abu Muhammad Sahl bin Abdullah At-Tusturi –rohimahullah- ( wafat : 283 H ) berkata:
فَإِذا فَرَغْتَ من صلاتك المكتوبة وأنت جالس فَانْصَبْ إلى ربك وارجع إليه
“Apabila kamu telah selesai dari sholat wajibmu, dalam keadaan kamu duduk, maka bersungguh-sungguhlah kamu ( berdo’a ) kepada Rabb-Mu dan kembali kepada-Nya”. [ Tafsir At-Tusturi : 1/198 ].
Al-Imam Ibnu Abi Hatim –rohimahullah- ( wafat : 327 H ) berkata:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ فِي قَوْلِهِ: فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ الْآيَةَ قَالَ: إِذَا فَرَغْتَ مِنَ الصَّلاةِ فَانْصَبْ فِي الدُّعَاءِ، وَاسْأَلِ اللَّهَ وَارْغَبْ إِلَيْهِ
“Dari Ibnu Abbas –rodhiallohu ‘anhu- beliau berkata : Dari Ibnu Abbas pada firman Alloh Ta’ala : “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain”, beliau berkata : Apabila kamu telah selesai dari sholat, maka bersungguh-sungguhlah kamu dalam berdo’a, mintalah kepada Alloh, serta berharaplah kepada-Nya”. [ Tafsir Ibnu Abi Hatim : 10/3466 ].
Kedua:
Salah satu waktu yang mustajab untuk berkdo’a kepada Alloh adalah setelah selesai sholat fardhu. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Umamah –rodhiallohu ‘anhu- beliau berkata:
قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ: أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ؟ قَالَ: «جَوْفَ اللَّيْلِ الآخِرِ، وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ المَكْتُوبَاتِ»
“Rasulullah shallallahu wa’alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib”. [HR. At-Tirmidzi : 3499 dan selainnya. Sanadnya dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani –rohimahullah- ].
BACA JUGA: Doa Kakek yang Dirampok
Kalimat وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ المَكْتُوبَاتِ artinya setelah sholat fardhu. Dan inilah makna asal kata ini. sehingga tidak boleh kita memalingkan makna ini kepada makna lain sampai ada dalil yang shohih dan jelas yang memalingkannya. Sebagaimana dinyatakan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar –rohimahullah- ( wafat : 852 H ) berkata:
فَإِنْ قِيلَ الْمُرَادُ بِدُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ قُرْبَ آخِرِهَا وَهُوَ التَّشَهُّدُ قُلْنَا قَدْ وَرَدَ الْأَمْرُ بِالذِّكْرِ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ وَالْمُرَادُ بِهِ بَعْدَ السَّلَامِ إِجْمَاعًا فَكَذَا هَذَا حَتَّى يَثْبُتَ مَا يُخَالِفُهُ
“Jika ada yang menyatakan, bahwa yang dimaksud “dubur kulli sholat” ( akhir setiap sholat ) adalah mendekati akhir sholat, yaitu saat tasyahhud. Kami jawab : Telah ada perintah untuk berdzikir “dubur kulli sholat” ( setiap akhir sholat ), dan yang dimaksud di sini adalah setelah salam dengan ijama’ ( kesepakatan para ulama’ ). Demikian pula hal ini sampai ada dalil yang pasti yang menyelisihinya”. [ Fathul Bari : 11/133 ].
Saya berkata : Yang dimaksud perintah berdzikir di akhir setiap sholat oleh Ibnu Hajar –rohimahullah- di atas, ada beberapa hadits, diantaranya : apa yang diriwayatkan oleh Abu Dzarr –rodhiallohu ‘anhu- beliau berkara, Rosulullah-shollallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda:
يا أبا ذرٍّ، ألا أعلمُكَ كلمات تُدرك بهن من سبقَك ولا يَلْحَقُكَ مَنْ خلفَك إلا مَنْ أخذ بمثل عملك؟ ” قال: بلى يا رسول الله، قال: “تكبر الله دُبَر كل صلاة ثلاثاً وثلاثين، وتحمَدُه ثلاثاً وثلاثين، وتسبّحُه ثلائاً وثلاثين
“Wahai Abu Dzarr ! Ketahuilah ! aku akan mengajarkan beberapa kalimat kepadamu yang dengan kalimat tersebut, kamu bisa mendapatkan ( pahala seperti ) orang yang telah mendahuluimu dan orang yang di belakangmu tidak bisa untuk mengikutimu kecuali dia mengambil seperti apa yang kamu amalkan ? Abu Dzarr menjawab : Ya, wahai Rosulullah ? bertakbirlah, bertahmidlah, dan bertasbihlah sebanyak tiga puluh tiga kali pada akhir setiap sholat….”Al-Hadits. [ HR. Abu Dawud : 2/618 no : 1504 dan sanadnya dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dan Asy-Syaikh Syu’aib Al-Arnauth ].
Para ulama’ sepakat bahwa maksud ucapan nabi –shollallahu ‘alaihi wa sallam- “akhir setiap sholat” pada hadits di atas adalah setelah salam,, bukan pada pada tasyahhud akhir.
Dalam hadits yang lain, telah diriwayatkan pula dari Mu’awiyyah bin Abi Sufyan-rodhiallohu ‘anhu- beliau berkata:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ إِذَا سَلَّمَ: «لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ، وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ….
“Sesungguhnya Rosulullah-shollallahu ‘alaihi wa sallam- berkata di setiap akhir sholat apabila beliau telah salam : LAA ILAAHA ILLALLOHU WAHDAHU LAA SYARIIKALAH LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULI SYA’IIN QODIR ( Tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali Alloh yang tidak ada sekutu baginya. Bagi-Nya kerajaan, pujian, dan Maha Mampu atas segala sesuatu….” Al-Hadits…[ HR. Al-Bukhari : 6330 ].
Dalam hadits di atas, kalimat “di setiap akhir sholat” maknanya langsung dijelaskan oleh perawi, yaitu Mu’awiyyah bin Abi Sufyan dengan ucapan setelahnya yang berbunyi “ apabila beliau telah salam”. Berarti kalimat “akhir sholat” dalam hadits ini maknanya setelah “selesai sholat”.
BACA JUGA: Antara Ralat Doa dan Adab dengan Ulama
Demikian pula telah diriwayatkan pula dari Mu’adz bin Jabal –rodhiallahu ‘anhu-:
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَهُ يَا مُعَاذُ إِنِّي وَاللَّهِ لَأُحِبُّكَ فَلَا تَدَعْ دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ أَنْ تَقُولَ اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُد وَالنَّسَائِيّ وَصَححهُ بن حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ
“Wahai Mu’adz, demi Allah, aku mencintaimu.” Kemudian beliau berkata: “Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu’adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan, “ALLAAHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIK” (Ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepadaMu serta beribadah kepadaMu dengan baik.)”. [ HR. Abu Dawud : 1522, At-Tirmidzi : 3407, An-Nasa’i : 1303 dan selainnya. Dan hadits ini dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani –rohimahullah- ].
Oleh karena itu, barang siapa yang mengeluarkan makna “dubur kulli sholat” kepada makna pada tasyahhud akhir, maka dia telah mengeluarkan makna kata kepada maknanya yang tidak asal. Sehingga saat itu dia dituntut untuk mendatangkan dalil. [BERSAMBUNG]
Facebook: Abdullah Al Jirani