ASYURA adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram dan termasuk ke dalam hari yang mulia. Lalu, bagaimana awal mula perintah untuk berpuasa pada hari ‘asyura?
Ibnu Abbas berkata: “Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa ‘Asyuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah. Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa,” (HR.Bukhari: 2004, Muslim: 1130).
BACA JUGA: Penjelasan Ulama Soal Pelaksanaan Puasa Asyuro
Menurut kitab Lathoiful Ma’arif hal.102-107, Nabi SAW dalam berpuasa ‘Asyura mengalami empat fase, di antaranya :
Fase pertama, Beliau SAW berpuasa di Mekah dan tidak memerintahkan manusia untuk berpuasa.
Aisyah menuturkan: “Dahulu orang Quraisy berpuasa Asyuro pada masa jahiliyyah. Dan Nabi-pun berpuasa ‘Asyura pada masa jahiliyyah. Tatkala beliau hijrah ke Madinah, beliau tetap puasa ‘Asyura dan memerintahkan manusia juga untuk berpuasa. Ketika puasa Ramadhan telah diwajibkan, beliau berkata: ‘Bagi yang hendak melaksanakan (puasa ‘asyuro) silakan, bagi yang tidak puasa juga tidak mengapa,’” (HR.Bukhari: 2002. Muslim: 1125).
Fase kedua, tatkala beliau datang di Madinah dan mengetahui bahwa orang Yahudi puasa ‘asyura, beliau juga berpuasa dan memerintahkan manusia agar puasa. Sebagaimana keterangan Ibnu Abbas di atas. Bahkan Rasulullah menguatkan perintahnya dan sangat menganjurkan sekali, sampai-sampai para sahabat melatih anak-anak mereka untuk puasa ‘asyura.
Fase ketiga, setelah diturunkannya kewajiban puasa Ramadhan, Beliau SAW tidak lagi memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa ‘asyuro, dan juga tidak melarang, dan membiarkan perkaranya menjadi sunnah, Bahkan para ulama telah sepakat bahwa puasa ‘asyura sekarang hukumnya sunah tidak wajib, sebagaimana hadits Aisyah di atas.
Fase keempat, pada akhir hayatnya, Nabi bertekad untuk tidak hanya puasa pada hari ‘asyuro saja, namun juga menyertakan tanggal 9 ‘Asyuro, supaya berbeda dengan puasanya orang Yahudi.
BACA JUGA: Keutamaan Amalan Puasa Bulan Muharram
Ibnu Abbas berkata: “Ketika Nabi puasa ‘Asyuro dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa. Para sahabat berkata: ‘Wahai Rasulullah, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rasulullah berkata: Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga.'” Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu,” (HR.Muslim: 1134). []
SUMBER: MUSLIM.OR.ID