DIBANGUN sekitar abad ke 8, sebagai perpustakaan dan lembaga terjemahan, Bait al Hikmah, atau Rumah Kebijaksanaan, adalah salah satu mutiara yang jadi lanmark ibu kota Abbasiyah di Baghdad.
Perkembangan awal Baghdad sebagian besar merujuk pada khalifah Harun al Rasyid (Harun yang Tegak). Di bawah kepemimpinannya, Bagdad memulai jalur yang akan membawanya menjadi penguasa tertinggi sebagai pusat intelektual dan budaya dunia.
Selama 500 tahun Baghdad menjadi tuan rumah dari berbagai kegiatan akademis, menarik para sarjana dari seluruh dunia. Begitu kuatnya pengaruh Harun Al Rasyid pada kesadaran kolektif sehingga dia disebut-sebut oleh banyak penulis hebat.
BACA JUGA:Â Harun Al-Rasyid, Raja Di Raja, karena Mahir Memimpin Negeri yang Besar dan Makmur
Novel terobosan orang Irlandia James Joyce, Ulysses, menampilkan mimpi khalifah, sementara orang Irlandia lainnya, WB Yeat, menulis puisi berjudul, The Gift of Harun Rashid. Penyair terkenal lainnya, Alfred Tennyson, menulis puisi berjudul “Recollections of Arabian Nights” (Kenangan Malam Arab), di mana hampir setiap bait diakhiri dengan frasa, “Haroun Alraschid yang baik”. Namanya bahkan muncul di salah satu novel Charles Dickens, serta BFG karya Roald Dahl.
Pembangunan Rumah
Putra Harun, Al-Ma’mun, memperluas Bait Al Hikmah baik secara fisik maupun intelektual, mengawasi perkembangannya menjadi pusat studi berbagai cabang ilmu. Bertempat di pusat adalah para intelektual dari tradisi yang berbeda, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, ilmuwan, penerjemah, filsuf, penulis, dan ahli Taurat.
Di dalam Rumah itulah umat Islam menghadiahkan dunia dengan aksesibilitas ke karya-karya filsuf besar seperti Aristoteles dan Hippocrates. Tanpa kontribusi dunia Muslim pada saat itu, banyak dari tradisi besar Yunani mungkin telah hilang selamanya.
Bahasa Yunani bukan satu-satunya bahasa yang digunakan di Bait Al Hikmah selain bahasa Arab. Farsi, Aramaic, Hebrew, Syria, Indian dan Latin semuanya ditampilkan juga. Umat ​​Kristen dan Yahudi dari seluruh dunia berbondong-bondong ke perpustakaan besar ini di mana mereka disambut dalam pencarian pengetahuan mereka.
Cabang Pengetahuan yang Berbeda
Fokus Bait Al Hikmah pada pengetahuan melampaui filosofi dan teologi. Studi di bidang metafisika, ilmu agama, aljabar, kedokteran, fisika, biologi, kimia, trigonometri, dan astronomi hanyalah beberapa bidang fokus yang tumbuh subur di pusat intelektual ini.
Setelah mempelajari seni membuat kertas melalui ekspedisi umat Islam ke China, Baghdad menjadi salah satu pusat produksi dan reproduksi buku. Proses ini memungkinkan buku lebih mudah diakses.
Pusat Observasi Astronomi pun didirikan sebagai bagian dari Bait Al Hikmah, memungkinkan para astronom untuk mengamati alam semesta dan menilai akurasi astronomi bertentangan difokuskan teks-teks India, Yunani dan Persia. Proyek ini melampaui astronomi, karena beberapa sejarawan menyatakan bahwa ini mewakili upaya sains skala besar pertama yang disponsori negara. Bait Al Hikmah jadi pendahulu proyek-proyek besar seperti Large Hadron Collider di Jenewa.
BACA JUGA:Â Sosok Al Khawarizmi, Ilmuwan Muslim Jenius Penemu Aljabar
Cendekiawan Agung dan Karya Agung mereka
Secara alami, Bait Al Hikmah menjadi kediaman akademis banyak sarjana besar.
Ja’far Muhammad ibn Musa ibn Shakir dikatakan sebagai sarjana pertama yang mengeksplorasi gagasan bahwa benda langit yang mengelilingi kita, seperti bulan dan planet, tunduk pada hukum fisika yang sama seperti kita di bumi. Bukunya, Astral Motion and the Force of Attraction, berisi di dalamnya perenungan tentang gaya fisik yang nantinya akan lebih dikembangkan sepenuhnya oleh Newton dan hukum gravitasi universal.
The “Philosopher of the Arabs“, Al-Kindi yang agung, adalah penghuni Bait Al Hikmah yang juga terkenal. Menerjemahkan karya Aristoteles, dan mengembangkannya dengan teologi Islam, Al Kindi memulai perdebatan tentang masalah filsafat dan teologi yang berlanjut berabad-abad setelah kematiannya.
Al-Khwarizimi, matematikawan terkemuka, adalah salah satu tokoh hebat lainnya. Bersama dengan Al Kindi, dia memperkenalkan orang Arab, dan seluruh dunia, ke angka desimal Hindu yang kita gunakan saat ini (1,2,3,4…). Bukunya, Kitab al-Jebr (The Book of Completion) memberi dunia istilah aljabar (dari al-Jebr), serta untuk pertama kalinya memaparkan beberapa aturan dalam memecahkan persamaan.
Hunayn ibn Ishaq, seorang Kristen Suriah, juga memainkan peran sentral dalam penerjemahan teks-teks penting. Terjemahan karyanya dalam bahasa Yunani dikatakan telah membantu perkembangan bidang pengobatan Islam. Selain menerjemahkan, ia diyakini telah menulis 36 bukunya sendiri, 21 di antaranya berfokus pada bidang kedokteran. Bukunya, Ten Treatises on Ophthalmology, menjelaskan dengan sangat rinci tentang anatomi mata, juga penyakit pada organ ini, gejala penyakit ini dan cara pengobatannya.
Teks-teks medis diterjemahkan dan ditulis dalam periode sejarah Islam melanjutkan untuk mempengaruhi praktek medis di Eropa selama berabad-abad, dengan beberapa teks mempertahankan status mereka sebagai referensi tentang isu-isu baik abad ke-17.
Akhir dari Era yang Indah
Bukti indah akan kekuatan usaha intelektual runtuh, baik secara fisik maupun metaforis, dengan penjarahan Mongol di Baghdad pada tahun 1258. Beberapa ahli memperkirakan bahwa sebanyak 90.000 pria, wanita dan anak-anak dibunuh saat kota itu dijarah. Tidak ada yang tersisa dari Bait Al Hikmah.
Riwayat mengatakan bahwa sungai Tigris berubah menjadi hitam karena tinta dari buku-buku yang dibuang disana, dan menjadi merah dari darah orang-orang yang dibantai.
BACA JUGA:Â Tahukah, Beberapa Teori Matematika Ini Hasil Terobosan Ilmuwan Muslim
Pelajaran dari Bait Al Hikmah
758 tahun kemudian, ada beberapa pelajaran yang bisa ditarik dari cahaya yang bersinar ini dalam sejarah ini. Pada saat tampaknya Islam hampir bertentangan dengan sains, realitas dari Bait Al Hikmah yang berkembang adalah pengingat bahwa ini tidak mungkin jauh dari kebenaran.
Ketika agama kita diterapkan dengan benar, dan kita bebas dari beban konflik, pencarian intelektual berkembang. Agama kita identik dengan pemikiran intelektual sejak wahyu pertama berisi perintah yang paling indah, “Baca!”, diturunkan.
Perlu juga diingat bahwa secerah 500 tahun di Baghdad, itu tidak terkecuali. Muslim mengawasi berkembangnya pengetahuan di Andalusia selama 7 abad juga, yang buahnya juga telah menjadi bahan legenda. Bahkan hari ini, di tengah semua kekacauan.
Perlu juga diingat bahwa ketika kita berada dalam kondisi terbaik, baik itu di Baghdad, Damaskus, Kordoba atau Granada, kita hidup dengan rasa aman dan keterbukaan. Keamanan memungkinkan kita untuk terlibat dengan ide-ide tanpa menganggapnya menyimpang, menilai mereka hanya berdasarkan prestasi akademis mereka daripada berdasarkan siapa yang mendukungnya.
Pengejaran pengetahuan kita tidak terbatas hanya pada teologi atau filsafat; kita terlibat dengan semua cabang ilmu saat itu. Keterbukaan kita memungkinkan para pemikir dan sarjana dari seluruh penjuru dunia, Kristen, Yahudi dan lainnya, untuk menemukan rumah di dalam pusat pembelajaran kita, Bait Al Hikmah. Ini terbukti bermanfaat bagi semua pihak. Buah dari harmoni ini memungkinkan perkembangan pengetahuan yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih besar, lebih ramah, dan lebih terang. []
SUMBER: MVSLIM