PENYUSUN Madzab Hanbali ialah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau dilahirkan di Baghdad dan meninggal dunia pada Jumat 12 Rabiul Awwal tahun 241 Hijriah.
Sejak kecil beliau belajar di Baghdad, Syam, Hijjaz dan Yaman. Imam Hanbali adalah murid Imam Syafii. Bahkan berkat ketakwaan dan kemampuan menghafal haditsnya yang begitu tinggi, Imam Syafii memuji beliau “Saya keluar Baghdad, tidak saya tinggalkan di sana seorang yang lebih takwa, lebih wara dan lebih alim selain Ahmad bin Hanbal yang sungguh banyak menghafal hadits.”
Murid Imam Hanbal banyak tang terkemuka, di antaranya adalah Imam Bukhari dan Imam Muslim yang terkenal sebagai periwayat hadits shahih. Imam Hanbal berpegang teguh pada fatwa shahabat nabi apabila tidak ada nas. Beliau menyusun madzhabnya atas empat dasar.
Dasar pertama ialah nas Al-Quran dan hadits. Ketika muncul masalah yang beliau hadapi, ia selidiki ada atau tidaknya nas. Jika ada nas, maka beliau berfatwa menurut nas itu.
Dasar kedua ialah fatwa para shahabat. Dalam suatu peristiwa apabila tidak ada nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau cari fatwa para shahabat. Apabila ada fatwa dari salah seorang shabat, sedangkan beliau tidak melihat bantahannyadari shahabat-shahabat lain, beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa shahabat tadi. Jika fatwa itu berbeda antara beberapa shahabat, beliau pilih yang lebih dekat pada Al-Qur’an dan Sunnah.
Dasar ketiga ialah hadits mursal atau lemah, Apabila tidak bertentangan dengan dalil-dali yang lain.
Dasar keempatialah qiyas. Beliau tidak memakai qiyas kecuali apabila tak ada jalan lain.
Imam Hanbal amat hati-hati dalam mengeluarkan fatwa apabila tidak ada nas atas asar shahabat. Kemungkinan besar karena amat hati-hatinya beliau menjalankan fatwa itulah yag menyebabkan lambatnya madzhab Hanbali tersiar ke daerah-daerah yang jauh, ditambah lagi murid-murid beliau pun amat berhati-hati pula.
Mula-mula madzhab Hanbali tersiar di Baghdad, lalu berangsur-angsur keluar ke daerah-daerah lain. Sekarang yang terbanyak pengikutnya ialah di Hijaz, apalagi setelah Raja Ibnu Saud menetapkan bahwa madzhab Hanbali menjadi madzhab resmi bagi pemerintah Arab Saudi. Di Mesir tidak tampak madzhab ini kecuali pada abad ke-7 hijriah. Hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti madzhab ini. []
Sumber: Fiqih Islam Hal. 11