TANYA: Bagaimana masjid yang sah dijadikan tempat i’tikaf?
JAWAB: Ada empat pendapat diantara ulama mengenai hal ini:
Harus di masjid jama’ah. Ini merupakan pendapat jumhur tabi’in, Hanabilah dan Hanafiyyah.
Boleh di setiap masjid, walau tidak pernah dipakai shalat berjama’ah. Ini merupakan pendapat Syafi’iyyah dan Malikiyyah.
Harus di masjid jami’, yang diselenggarakan shalat Jum’at di dalamnya. Ini merupakan pendapat Hammad, Ash Shan’ani, Abu Ja’far, Al Hakim. Juga merupakan pendapat Syafi’iyyah dan Malikiyyah, jika masa i’tikaf bertemu dengan shalat Jum’at.
Harus di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi atau Masjidil Aqsha. Ini merupakan pendapat Sa’id bin Musayyab dan Atha’.
Yang tepat adalah pendapat pertama. I’tikaf sah di setiap masjid yang diadakan shalat wajib berjama’ah di dalamnya. Dalilnya adalah beberapa fatwa para sahabat, diantaranya:
Ali Radhiallahu’anhu berkata:
من اعتكف فلا يرفث في الحديث ولا يساب و يشهد الجمعة و الجنازة وليوصل اهله اذا كانت له حاجة و هو قائم لايجلس عندهم
“Orang yang beri’tikaf tidak boleh berkata kotor, tidak boleh mencela, harus mendatangi shalat Jum’at dan shalat jenazah, keluarganya boleh mengunjunginya jika memang ada kebutuhan, dan ia dalam keadaan berdiri bukan duduk” (Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf, 4/356; Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf, 2/334. Sanadnya shahih).
Perkataan Ali يشهد الجمعة (mendatangi shalat jum’at) menunjukkan yang beliau maksud adalah orang yang i’tikaf tidak di masjid Jami’. Dikuatkan dengan riwayat dari beliau yang lain, dari Ali Radhiallahu’anhu ia berkata:
لا اعتكاف الا في مسجد جماعة
“Tidak ada i’tikaf kecuali di masjid jama’ah” (Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalamAl Mushannaf, 4/346. Sanadnya terdapat kelemahan)
Ibnu Abbas Radhiallahu’anhuma berkata:
لا اعتكاف الا في مسجد تجمع فيه الصلوات
“Tidak ada i’tikaf kecuali di masjid tempat manusia berkumpul melaksanakan shalat” (Diriwayatkan oleh Abdullah bin Ahmad bin Hambal dalam Al Masa’il, 2/673. Sanadnya shahih). []