PENYUSUN Mazhab Hanbali adalah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau dilahirkan di Baghdad dan meninggal dunia pada Jumat 12 Rabiul Awal tahun 241 Hijriah.
Sejak kecil beliau belajar di Baghdad, Syam, Hijjaz dan Yaman. Imam Hanbali adalah murid Imam Syafii. Bahkan berkat ketakwaan dan kemampuan menghafal haditsnya yang begitu tinggi, Imam Syafii memuji beliau “Saya keluar Baghdad, tidak saya tinggalkan di sana seorang yang lebih takwa, lebih wara dan lebih alim selain Ahmad bin Hanbal yang sungguh banyak menghafal hadits.”
BACA JUGA: Mazhab Syafi’i Melarang Shalat di Belakang Imam Lain Madzhab?
Murid Imam Hanbal banyak yang terkemuka, di antaranya adalah Imam Bukhari dan Imam Muslim yang terkenal sebagai periwayat hadits shahih. Imam Hanbal berpegang teguh pada fatwa sahabat nabi apabila tidak ada nas. Beliau menyusun mazhabnya atas empat dasar.
Dasar pertama ialah nas Al-Quran dan hadits. Ketika muncul masalah yang beliau hadapi, ia selidiki ada atau tidaknya nas. Jika ada nas, maka beliau berfatwa menurut nas itu.
Dasar kedua ialah fatwa para shahabat. Dalam suatu peristiwa apabila tidak ada nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu, beliau mencari fatwa para sahabat. Apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat, sedangkan beliau tidak melihat bantahannya dari sahabat-sahabat lain, beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi. Jika fatwa itu berbeda antara beberapa sahabat, beliau pilih yang lebih dekat pada Al-Qur’an dan Sunnah.
BACA JUGA: Perbedaan Imam Mazhab Terkait Zakat Penghasilan
Dasar ketiga ialah hadits mursal atau lemah, Apabila tidak bertentangan dengan dalil-dali yang lain.
Dasar keempat ialah qiyas. Beliau tidak memakai qiyas kecuali apabila tak ada jalan lain.
Imam Hanbal amat hati-hati dalam mengeluarkan fatwa apabila tidak ada nas dari sahabat. Kemungkinan besar karena amat hati-hatinya beliau menjalankan fatwa itulah yag menyebabkan lambatnya mazhab Hanbali tersiar ke daerah-daerah yang jauh, ditambah lagi murid-murid beliau pun amat berhati-hati pula.
Mula-mula mazhab Hanbali tersiar di Baghdad, lalu berangsur-angsur keluar ke daerah-daerah lain. Sekarang yang terbanyak pengikutnya ialah di Hijaz, apalagi setelah Raja Ibnu Saud menetapkan bahwa mazhab Hanbali menjadi mazhab resmi bagi pemerintah Arab Saudi. Di Mesir tidak tampak mazhab ini kecuali pada abad ke-7 hijriah. Hingga sekarang tidak banyak rakyat Mesir yang mengikuti mazhab ini. []
SUMBER: FIQIH ISLAM