NABI Muhammad ﷺ menunjukkan perhatian yang cukup besar pada nama. Hal ini tidak mengherankan karena nama seringkali menjadi hal pertama yang memberikan kesan seseorang. Nah, bagaimana hukum mengganti nama anak dalam Islam?
Jika Anda memiliki nama baik, atau nama yang mengundang optimisme, orang-orang merasa senang untuk menyapa Anda dan berbicara kepada Anda.
Sebaliknya, seseorang dengan nama buruk dapat mengundang pergaulan buruk dan menciptakan kesan negatif. Oleh karena itu Nabi menjelaskan kepada semua pengikutnya di semua generasi bahwa memilih nama yang baik untuk anak-anak mereka adalah kewajiban setiap orang tua.
BACA JUGA: Nama Anak Ikut Nama Ayah?
Sehingga tidak heran, hukum mengganti nama anak dalam Islam menjadi salah satu hal penting.
Pada zaman Nabi ﷺ, orang-orang Arab sepertinya tidak terlalu memperhatikan nama. Seperti halnya beberapa dari mereka bahwa ketika seorang anak lahir, ayahnya akan pergi ke padang pasir, dan jika dia melihat seekor binatang, dia akan memanggil anak itu dengan nama binatang itu. Kasihan banget ya anaknya…
Oleh karena itu, beberapa nama Arab pada waktu itu bisa berarti, rubah, kadal, anjing, dan sejenis.
Ini sangat kontras dengan ajaran Nabi. Ketika beliau ﷺ melihat seorang anak yang baru lahir, dia akan berdoa untuknya dan menanyakan namanya. Jika dia tidak menyukainya, dia akan mengubahnya. Ini adalah kasus dengan anak laki-laki dan perempuan sama. Secara langsung, Nabi ﷺ memberikan tuntutan hukum mengganti nama anak dalam Islam.
Sebuah hadis menyebutkan bahwa seorang anak yang lahir dari Abu Ussayd dibawa kepada Nabi yang membawanya dan meletakkannya di pahanya. Kemudian Nabi terganggu oleh sesuatu.
Sang ayah menyuruh seseorang dari kaumnya untuk membawa pergi anak itu, tetapi hal tersebut mengingatkan
Nabi yang segera bertanya: “Di mana anak itu?”
Sang ayah mengatakan kepadanya bahwa anaknya dibawa pergi. Nabi bertanya siapa namanya. Ketika dia diberitahu tentang nama anak itu, dia berkata: “Tidak! Namanya Al-Munthir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Dalam contoh ini, kita sama-sama mencatat bahwa nama yang diberikan kepada anak tersebut tidak disebutkan. Nabi tidak menyukainya karena suatu alasan.
Nabi ﷺ kemudian memberinya nama baru, yang berarti “pemberi peringatan”, dan anak itu dikenal dengan nama itu sejak saat itu. Nama aslinya dilupakan.
Tak perlu dikatakan, Nabi tidak akan mengubah nama anak itu tanpa alasan. Praktiknya hanya mengganti nama-nama yang memberi kesan buruk, atau tidak dapat diterima dari sudut pandang Islam. Jadi inilah inti dari hukum mengganti nama anak dalam Islam.
Hadis lain mengutip Nabi ﷺ berkata: “Nama terburuk dalam pandangan Allah adalah orang yang menyebut dirinya ‘raja di atas segala raja’.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Al-Tirmithi).
Di sini kasusnya sangat jelas. Gelar ini hanya milik Allah SWT. Tidak ada yang bisa menyebut dirinya dengan gelar seperti itu, meskipun ia mungkin seorang kaisar yang memerintah sebuah kerajaan yang luas, di mana banyak daerah menikmati beberapa otonomi dan masing-masing memiliki raja atau presiden yang tunduk kepada kaisar itu.
BACA JUGA: 90 Nama Bayi Laki-laki Islami 3 Kata
Ini dulunya merupakan kasus di kerajaan-kerajaan lama. Tetapi meskipun demikian, penguasa keseluruhan kerajaan semacam itu mungkin tidak menyebut dirinya raja segala raja, atau dengan gelar serupa dalam bahasa apa pun.
Siapa pun yang memerintah kerajaan atau negara bagian dalam ukuran apa pun harus menyadari bahwa berada dalam posisi seperti itu adalah suatu kehormatan yang diberikan kepadanya oleh Allah dan tanggung jawab yang besar, karena ia akan bertanggung jawab kepada Alalh atas perilakunya.
Nabi mengubah nama hanya jika diperlukan, dan beliau melakukan ini kepada anak laki-laki dan perempuan.
Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar menyebutkan bahwa Nabi ﷺ mengubah nama seorang wanita yang dipanggil Aassiyah.
Dia berkata kepadanya: “Kamu adalah Jamilah.”
Di sini kebutuhan akan perubahan nama dan hukum mengganti nama anak dalam Islam cukup jelas. Aassiyah adalah versi perempuan dari Aassi, yang keduanya berarti “tidak taat.” Nabi menunjukkan di sini bahwa nama seperti itu tidak dapat diterima karena menekankan kualitas yang dikaitkan dengan penolakan iman atau pemberontakan. Nabi memberinya nama Jamilah, yang berarti “cantik.”
Salah satu nama gadis yang selalu diganti oleh Nabi adalah Barrah, yang ternyata sangat umum di kalangan orang Arab. Namanya berarti “benar atau berbakti”. Jadi, tidak ada yang buruk tentang nama itu, tetapi apa yang tampaknya tidak disukai Nabi adalah bahwa beliau menegaskan sesuatu yang tidak dapat diterangkan oleh siapa pun.
Muhammad ibn Amr ibn Ata’ yang termasuk generasi tabi’in, yaitu generasi penerus para sahabat Nabi, mengunjungi Zainab binti Abu Salamah, putri angkat Nabi.
Dia bertanya kepadanya tentang nama saudara perempuannya (atau anak perempuan menurut beberapa versi).
Dia mengatakan bahwa namanya adalah Barrah. Zainab mengatakan kepadanya: “Ganti namanya. Nabi menikahi Zainab binti Jahsh yang nama aslinya adalah Barrah dan dia mengubahnya menjadi Zainab.
“Dia juga datang ke kamar Ummu Salamah ketika dia menikahinya dan dia mendengar dia memanggilku dengan nama Barrah. Dia berkata kepada ibuku, ‘Jangan memuji dirimu sendiri. Allah lebih mengetahui siapa di antara kamu yang benar dan mana yang berdosa. Panggil dia Zainab.’
(Ibuku) berkata kepadanya: ‘Dia adalah Zainab.’
Muhammad ibn Amr berkata: ‘Aku akan mengganti namanya.’
Dia berkata kepadanya: ‘Ganti namanya dengan nama yang digunakan Nabi. Panggil dia Zainab’.” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, Muslim, Al-Darimi, dan lain-lain).
Dalam kisah ini, jelaslah alasan perubahan nama yang disebutkan oleh Nabi ﷺ. Beliau tidak suka bahwa nama seorang gadis atau seorang wanita harus menegaskan bahwa dia benar. Bahkan, Nabi ﷺ secara konsisten menyoroti fakta bahwa seorang Muslim tidak boleh memuji dirinya sendiri.
BACA JUGA: Wow, Ini 8 Manfaat Ibu Menyusui Bayi
Jika seorang wanita ditanya namanya, dan dia berkata, “Saya Barrah,” ini dapat ditafsirkan sebagai kepura-puraan untuk kemurnian atau kebenaran, ketika Allah menyatakan dengan jelas dalam Al Qur’an: “Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.” (53:32)
Dalam kisah ini, Nabi disebutkan telah mengubah nama salah satu istrinya dan nama putri tirinya, yang keduanya dipanggil Barrah. Dalam setiap kasus, dia menyebut wanita atau gadis yang bersangkutan Zainab, yang terdiri dari dua kata Zain dan Abb, yang masing-masing berarti perhiasan atau kecantikan dan ayah. Ini membuat nama Zainab mirip dengan ‘kekasih ayahnya’.
https://www.youtube.com/watch?v=TvNzjPagjcw&t=40s
Ketika putri tiri Nabi mendengar nama Barrah diberikan kepada seorang gadis muda, dia memberitahu ayah atau saudara laki-lakinya untuk mengubah namanya. Dia memberikan alasannya dan sangat menganjurkan agar gadis itu diberi nama yang digunakan Nabi dalam kasusnya sendiri. Ini adalah contoh kasus mengikuti jejak Nabi perihal hukum mengganti nama anak dalam Islam. []
SUMBER: ARAB NEWS