PUASA, khususnya di bulan Ramadhan merupakan momentum penyucian diri. Ini setidaknya mencangkup tiga unsur: tubuh, jiwa/hati, dan pikiran.
1 Pemurnian Tubuh
Untuk memahami bagaimana puasa memurnikan tubuh, kita perlu tahu sedikit tentang detoksifikasi.
Detoksifikasi menghilangkan zat-zat berbahaya, racun, dari tubuh kita. Apalagi saat ini, di dunia yang inovatif secara eksponensial daripada sebelumnya, kita tidak bisa mencegah zat berbahaya memasuki tubuh kita – melalui makanan, air, produk kosmetik, narkotika, obat-obatan, dan bahkan melalui udara yang kita hirup.
Puasa adalah bentuk detoksifikasi. Definisi ilmiah tentang puasa sedikit berbeda dan lebih umum daripada puasa dalam sudut pandang ibadah. Namun demikian, puasa dalam istilah Islam memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.
BACA JUGA: Ar-Rayyan, Pintu Surga untuk Mereka yang Berpuasa
Ada sederet daftar racun di sekitar kita dan betapa puasa membantu menghilangkannya dari tubuh kita, dan banyak manfaat lain dari detoksifikasi ini.
“Selama pembersihan, tubuh membusuk dan hanya membakar zat dan jaringan yang rusak, berpenyakit atau tidak dibutuhkan, seperti akses, tumor, timbunan lemak berlebih, dan limbah kongestif. Bahkan puasa yang relatif singkat mempercepat eliminasi, seringkali menyebabkan perubahan dramatis ketika massa sampah yang terkumpul dikeluarkan…. Pembersihan juga membantu melepaskan sekresi hormon yang merangsang respons kekebalan dan mendorong lingkungan yang mencegah penyakit.”
“Tidur bukan satu-satunya jenis istirahat yang Anda butuhkan. Sistem pencernaan Anda dan organ-organ lain perlu istirahat dari pekerjaan mereka juga …. Puasa dapat dianggap sebagai istirahat ‘internal’ bagi tubuh, memungkinkannya mengembalikan vitalitas dan energi ke organ-organ vital [seperti hati dan saluran GI] dengan mengaktifkan sistem pembersihan diri yang luar biasa yang dengannya ia dirancang. ” (Colbert, 26-27)
Jika kita mengisi makanan yang tidak sehat mulai dari subuh hingga senja, kita tidak akan memperoleh manfaat kesehatan dari puasa. Sebaliknya, kita akan meningkatkan kadar racun dalam tubuh kita. Berikan nutrisi pada tubuh Anda dengan makanan dan minuman organik yang baik, sehat, sederhana, dan lebih disukai buatan sendiri untuk mempercepat proses detoksifikasi ini.
2 Penyucian Diri
Kata ‘nafs’ dalam bahasa Arab sering diterjemahkan sebagai jiwa atau roh. Tetapi sebenarnya, kata Arab untuk ‘jiwa’ adalah ‘ruh’. Nafs adalah entitas yang berbeda, seperti yang dijelaskan dalam firman Allah SWT:
“Demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu), dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.” (QS Asy Syamsi: 7-10)
Nafs adalah diri di dalam diri kita, organ perasaan. Itu menciptakan dan mendefinisikan kepribadian kita, emosi dan kecenderungan kita. Ia menyukai kesenangan duniawi, seperti makanan, cinta, dan uang; tetapi juga menyukai kesenangan spiritual, ketenangan yang hanya bisa dicapai dengan dekat dengan Allah.
Allah berfirman:
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QSAr Ra’du: 28)
Singkatnya, ia menyukai kesenangan dan kebahagiaan, tetapi ia dapat menerimanya dengan dua cara – dari kebaikan dalam jiwa atau dari keinginan duniawi.
Ketika kita memanjakan diri kita lebih dalam kesenangan duniawi daripada dalam ibadah, nafs mengembangkan rasa untuk yang pertama dan cenderung lebih ke arah itu.
Di bulan Ramadhan, puasa yang terus-menerus melemahkan keinginan fisik. Ini mengatur kembali selera nafs, bias terhadap dunia material.
Setan juga dikunci sehingga tidak dapat menarik nafs kembali ke sisi materi. Ini menghilangkan penutup materialisme dari mata kita dan mempertajam wawasan kita, sehingga kita dapat dengan jelas membedakan antara yang baik dan yang jahat. Dengan cara ini, nafs mengembangkan kesadaran akan Allah dan perasaan melindungi dirinya dari kejahatan.
Selain itu, di bulan Ramadhan kita memelihara nafs dengan Quran, sholat dan zikir Allah (zikir). Ini mengembangkan rasa kesenangan spiritual, dan menyadari bahwa yang terakhir jauh lebih memuaskan daripada kesenangan fisik. Jika ini berlanjut selama satu bulan penuh, nafs tidak akan lagi ingin kembali mengejar kesenangan duniawi dengan imbalan kepuasan spiritual dan ketenangan.
Akankah nafs mendapat manfaat dengan cara ini jika kita menikmati makan dan minum yang berlebihan dari Maghrib sampai Subuh? Apa yang akan terjadi padanya jika ibadah kita tanpa perhatian dan kerendahan hati?
3 Pemurnian Pikiran
Pikiran atau ‘ aql adalah organ intelek. Di dalamnya tersimpan pikiran, keputusan, refleksi, dan kreativitas kita. Ini juga memproses input dari panca indera (pendengaran, penglihatan, dll) Dan menafsirkannya dan membentuk kesimpulan. Inilah yang membuat kita berbeda dari hewan.
Pembersihan pikiran sama pentingnya dengan pembersihan diri, dan mungkin lebih dari pembersihan tubuh. Diri kita merasakan kebutuhan akan makanan, tetapi pikiran lah yang memutuskan untuk mengambilnya atau tidak. Hal yang sama berlaku untuk bimbingan dan ibadah.
Masalahnya, pikiran tidak selalu rasional. Itu dapat dibiaskan oleh pikiran negatif, bisikan dari Setan dan bahkan oleh keinginan gelap nafs. Memuaskan hasrat fisik juga melemahkan kekuatan otak kita. Makan berlebihan, misalnya, mengurangi aliran darah, dan dengan demikian pasokan oksigen, ke otak dan dengan demikian menghambat fungsinya.
BACA JUGA: 5 Tips agar Tubuh Tidak Kaget saat Puasa Pertama Ramadhan
Bias ini seperti kain kafan yang menutupi dan meredam pikiran rasional. Ketika ini terjadi, tetap tidak ada perbedaan antara kita dan hewan.
Allah berfirman:
“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.” (QS Al A’raf: 179)
Di bulan Ramadhan, kami melemahkan bias nafs, sehingga menghilangkan satu kafan dari pikiran. Kedua, Setan dikunci dan itu menghilangkan kafan lainnya. Akhirnya, kita memelihara pikiran dengan menghubungkannya dengan Al-Quran.
Al-Quran mengoreksi proses berpikir kita dan kepercayaan yang telah terbentuk sebelumnya serta menunjukkan kepada kita cara berpikir. Itu mempertajam wawasan kita, memberi kita lensa yang melaluinya kita bisa memandang dunia dengan jelas.
Allah memberi tahu kita berulang kali dalam Al Qur’an:
“Maka tidaklah kamu berpikir?” (QS 2:44 , QS 3:65 , QS 6:32 , QS 7: 169 , QS 10:16 , QS 11:51 , QS 12: 109 , QS 21:10 , QS 23:80 , QS 28:60 , QS 36:68 , QS 37: 138)
“Maka apakah mereka tidak memikirkan Alquran, atau adakah yang mengunci hati mereka?” (QS Muhammad: 24)
Untuk merenungkan Al-Quran, tidaklah cukup untuk melafalkannya tanpa makna. Terhubung dengan Al-Quran sesuai dengan kemampuan dan kekuatan kita. Jika kita memahami bahasa Arab, luangkan waktu untuk merenungkan ayat-ayat itu. Jika tidak, lihat terjemahan dan penjelasan/tafsir. []
SUMBER: ABOUT ISLAM