TANYA: Bagaimana jika berjamaah di belakang Imam yang memakai Qunu Shubuht?
Jawab:
Pendapat Imam Ibnu Taimiah:
فَإِذَا كَانَ الْمُقَلِ دُ يُقَلِ دُ فِي مَسْألََةٍ يَرَاهَا أَصْلَحَ فِي دِينِهِ أَوْ الْقَوْلُ بِهَا أرَْجَحُ أَوْ نَحْوِ ذَلِكَ جَازَ هَذَا بِات عَاقِ جَمَاهِيرِ عُلَمَاءِ الْمُسْلِمِينَ لَمْ
يُحَ رمْ ذَلِكَ لَا أَبُو حَنِيعَة وَلَا مَالِكٌ وَلَا الشَّ افِعِيُّ وَلَا أَحْمَد . وَكَذَلِكَ الْوِتْرُ وَغَيْرُه يَنْبَغِي لِلْمَأْمُومِ أَنْ يَتْبَاَ فِيهِ إمَامَه فَإِنْ قَنَتَ قَنَتَ
مَعَه وَإِنْ لَمْ يَقْنُتْ لَمْ يَقْنُتْ وَإِنْ صَلَّى بِثلَاَثِ رَكَعَاتٍ مَوْصُولَةٍ فَعَلَ ذَلِكَ وَإِنْ فَصَلَ فَصَلَ أيَْضًا . وَمِنْ النَّاسِ مَنْ يَخْتَارُ لِلْمَأْمُومِ أنَْ يَصِلَ إذَا فَصَلَ إمَامُه وَالْأَوَّلُ أَصَحُّ وَاَللََُّّ أَعْلَمُ
Jika seorang yang bertaklid itu bertaklid dalam suatu masalah yang menurutnya baik menurut agamanya atau pendapat itu kuat atau seperti itu, maka boleh berdasarkan kesepakatan jumhur ulama muslimin, tidak diharamkan oleh Imam Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali. Demikian juga pada shalat witir dan shalat lain, selayaknya bagi makmum mengikuti imamnya. Jika imamnya membaca qunut, maka ia ikut membaca qunut bersamanya. Jika imamnya tidak berqunut, maka ia tidak berqunut. Jika imamnya shalat 3 rakaat bersambung, maka ia melakukan itu juga. Jika dipisahkan, maka ia laksanakan terpisah. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa makmum tetap menyambung jika imamnya melaksanakannya terpisah. Pendapat pertama lebih shahih. Wallahu a’lam (Imam Ibnu Taimiah, Majmu’ Fatawa Ibn Taimiah, juz.V, hal.360.)
Pendapat Syekh Ibnu ‘Utsaimin:
وسئل فضيلة الشيخ: عن حكم القنوت في صلاة العريضة؛ والصلاة خلف إمام يقنت في العريضة؟
… فأجاب فضيلته بقوله: الذي نرى أن لا قنوت في العرائض إلا في النوازل، لكن من صلى خلف إمام يقنت فليتابعه درءاً
للعتنة، وتأليعا للقلوب.
Syekh Ibnu ‘Utsaimin ditanya tentang hukum Qunut pada shalat Fardhu di belakang imam yang membaca Qunut pada shalat Fardhu?
Syekh Ibnu ‘Utsaimin menjawab: “Menurut kami, tidak ada Qunut pada shalat Fardhu, kecuali Qunut Nawazil. Akan tetapi, jika seseorang shalat di belakang imam yang membaca Qunut, maka hendaklah ia mengikuti imamnya, untuk menolak fitnah dan mempertautkan hati,” (Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin, juz.XIV, hal.113.)
Pendapat Syekh Ibnu ‘Utsaimin Lagi:
وسئل فضيلة الشيخ: عن حكم القنوت في العرائض؟ وما الحكم إذا نزل بالمسلمين نازلة؟
… فأجاب فضيلته بقوله: القنوت في العرائض ليس بمشروع ولا ينبغي فعله، لكن إن قنت الإمام فتابعه لأن الخلاف شر.
… وإن نزل بالمسلمين نازلة فلا بأس بالقنوت حينئذ لسيال الله تعالى رفعها.
Syekh Ibnu ‘Utsaimin ditanya tentang hukum Qunut pada shalat Fardhu? Apa hukumnya apabila terjadi musibah menimpa kaum muslimin?
Syekh Ibnu ‘Utsaimin menjawab: “Qunut pada shalat Fardhu tidak disyariatkan, tidak layak dilaksanakan, akan tetapi jika imam membaca Qunut, maka ikutilah imam, karena berbeda dengan imam itu jelek.
Jika terjadi musibah menimpa kaum muslimin, boleh berqunut untuk memohon kepada Allah Swt agar Allah mengangkatnya” (Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin, juz.XIV, hal.113.)
Pendapat Imam Ahmad bin Hanbal dan Syekh Ibnu ‘Utsaimin:
Ma’mum Tetap Ikut Mengangkat Tangan dan Mengucapkan, “Amin”.
ثم إذا كان الإنسان مأموما هل يتابا هذا الإمام فيرفا يديه وييمن معه، أم يرسل يديه على جنبيه؟
والجواب على ذلك أن نقول: بل ييمن على دعاء الإمام ويرفا يديه تبعا للإ مام خوفا من المخالعة. وقد نص الإمام أحمد –
رحمه الله على أن الرجل إذا ائتم برجل يقنت في صلاة العجر، فإنه يتابعه وييمن على دعائه، ما أن الإمام أحمد رحمه – –
الله لا يرى مشروعية القنوت في صلاة العجر في المشهور عنه، لكنه رحمه الله رخص في ذلك؛ أي في متابعة الإمام – – –
الذي يقنت في صلاة العجر خوفا من الخلاف الذي قد يحدث معه اختلاف القلوب.
Jika seseorang menjadi ma’mum, apakah ia mengikuti imamnya yang membaca doa Qunut Shubuh dengang mengangkat kedua tangan dan mengucapkan amin bersama imam? Atau cukup meluruskan kedua tangan di kedua sisi tubuh?
Menjawab masalah ini kami katakan:
Ma’mum ikut mengucapkan ‘Amin’ terhadap doa Qunut Shubuh yang dibaca imam dan ma’mum mengangkat kedua tangannya mengikuti imam, karena khawati berbeda dengan imam. Imam Ahmad bin Hanbal menyebutkan secara nash (teks) bahwa apabila seseorang menjadi ma’mum mengikuti imam yang membaca doa Qunut pada shalat Shubuh, maka ma’mum itu mesti mengikuti imamnya dan mengucapkan ‘Amin’ terhadap doa Qunut yang dibaca imam.
Walaupun menurut pendapat Imam Ahmad bin Hanbal bahwa doa Qunut Shubuh itu tidak disyariatkan menurut pendapat yang masyhur dari beliau, tapi Imam Ahmad bin Hanbal tetap memberikan keringanan dalam masalah itu, artinya: keringanan untuk mengikuti imam yang membaca doa Qunut pada shalat Shubuh, karena khawatir menimbulkan khilaf yang terkadang menimbulkan perselisihan hati. Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin, juz.XIV, hal. 78. Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn ‘Utsaimin, juz.XIV, hal.113. []
Sumber: 37 Masalah Populer/Abdul Shamad, LC, MM