MAYORITAS ulama menyatakan, jumlah minimal susuan yang menyebabkan anak susuan menjadi mahram, cukup satu kali susuan saja.
Diriwayatkan bahwa ini merupakan pendapat ‘Ali bin Abi Thalib dan Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhum. Ini juga pendapat Sa’id bin Al-Musayyib, Hasan Al-Bashri, Makhul, Az-Zuhri, Qatadah, Al-Hakam, Hammad, Malik, Al-Auza’i, Ats-Tsauri, Al-Laits, para ulama Ashhab Ar-Ra’yi, dan Ahmad dalam salah satu riwayat dari beliau.
BACA JUGA: Inilah 5 Saudara Sepersusuan Nabi yang Diriwayatkan Hadis
Sekelompok ulama menyatakan, jumlah susuan yang menyebabkan mahram adalah lima kali susuan. Hal ini diriwayatkan dari ‘Aisyah, Ibnu Mas’ud, dan Ibnu Az-Zubair radhiyallahu ‘anhum.
Juga dari ‘Atha, Thawus, dan Asy-Syafi’i. Ini juga pendapat Ahmad dalam salah satu riwayat dari beliau, yang menurut Al-Muwaffaq Ibnu Qudamah merupakan pendapat yang shahih dalam madzhab.
Ada juga yang berpendapat, jumlah minimalnya adalah tiga kali susuan. Ini pendapat Abu Tsaur, Abu ‘Ubaid, Dawud, Ibnu Al-Mundzir, Ahmad dalam riwayat ketiga dari beliau, dan Ishaq.
BACA JUGA: 16 “Keajaiban” Air Susu Ibu
Penulis Mausu’ah Masaail Al-Jumhur, menambahkan (di luar referensi utama yang ia rujuk), diriwayatkan dari ‘Aisyah dan Hafshah radhiyallahu ‘anha, jumlah susuan yang menyebabkan mahram adalah sepuluh kali susuan. Ada juga riwayat lain dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, yang menyatakan jumlahnya adalah tujuh kali susuan.
Rujukan: Mausu’ah Masaail Al-Jumhur fi Al-Fiqh Al-Islami, karya Prof. Dr. Muhammad Na’im Muhammad Hani As-Sa’i, Juz 2, Halaman 786, Penerbit Darussalam, Kairo, Mesir.
Penulis Mausu’ah Masaail Al-Jumhur merujuk pada: Syarh Shahih Muslim, karya An-Nawawi, Juz 10, Halaman 29. []
Oleh: Muhammad Abduh Negara