TANYA: Di situs-situs Islam, saya menemukan narasi tentang kelahiran Nabi Muhammad di mana dikatakan bahwa peristiwa ajaib telah terjadi pada kelahiran Muhammad. Narasinya sangat berbeda dan mereka termasuk ibu Muhammad Aminah, cahaya, malaikat, nabi, kakek dari pihak ayah Abdul Mutalib, Ka’bah, peristiwa aneh di Persia (kuil api Zoroaster, istana Khosrau I) dan di Kekaisaran Bizantium (kapel kerajaan) Kaisar Justin II). Di bagian yang mana dari narasi-narasi ini yang diyakini oleh umat Islam sebagai kebenaran historis yang sama seperti yang dipercayai orang Kristen bahwa bintang Betlehem yang memimpin tiga orang bijak kepada Kristus yang baru lahir atau pemberitaan malaikat tentang kelahiran Kristus kepada para gembala di Betlehem adalah secara historis benar? (Zdenka)
Jwab:
Syekh Ahmed Saad, direktur pendiri Ihsan Institute of Arabic & Islamic Studies-UK, seperti dikutip dari About Islam, menjawab pertanyaan tersebut dengan penjelasan sebagai berikut:
“Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas pertanyaan yang menggelitik dan penelitian mendalam Anda, seperti yang terlihat dari kata-kata Anda bahwa Anda telah membaca dengan baik tentang topik tersebut.
BACA JUGA: Inilah Sejarah Peringatan Maulid Nabi
Sebelum saya berbicara tentang peristiwa sejarah yang menyertai kelahiran Nabi kita tercinta Muhammad SAW, izinkan saya menyoroti bahwa peristiwa sejarah tidak dapat dianggap sebagai otentik seperti Sunnah (ucapan, perbuatan dan atribut Nabi) yang telah diriwayatkan kepada kami dengan rantai keaslian yang tak terputus.
Ini semata-mata karena Sunnah telah mengalami proses verifikasi dan otentikasi yang biasanya tidak diterapkan pada peristiwa sejarah.
Pesan Nabi Muhammad
Orang-orang Muslim tidak membangun cinta dan penerimaan mereka terhadap Nabi Muhammad SAW di atas keajaiban yang menyertai kelahirannya yang diberkati. Sebaliknya, mereka membangun itu berdasarkan iman mereka kepada-Nya, yang berakar dari iman pada pesan yang diutus kepadanya.
Peristiwa historis kehidupan seorang nabi tidak dapat diambil tanpa melalui proses verifikasi dan otentikasi. Karena itu, umat Islam tidak terlalu peduli dengan peristiwa besar yang membentuk perubahan di dunia merayakan kedatangan Utusan terakhir Muhammad. Sebaliknya, mereka lebih fokus pada esensi pesan yang dibawa Nabi Muhammad kepada umat manusia.
Nilai pria hebat tidak berasal dari peristiwa yang terjadi di sekitar mereka; alih-alih, itu didorong dari kontribusi yang mereka buat untuk umat manusia, jumlah kebaikan yang mereka bawa dan perubahan positif yang berhasil mereka lakukan.
Ketika Nabi Muhammad datang, dia mengubah wajah manusia dan membawa konsep baru kepada orang-orang dan berhasil membawa cahaya ke pikiran dan kehidupan mereka.
Kelahiran Nabi Muhammad
Peristiwa kelahirannya sendiri merupakan tambahan besar bagi umat manusia.
Terlepas dari tanda-tanda besar yang menyertai kelahirannya dan upaya untuk membuktikan bahwa secara historis, fakta bahwa ia adalah seorang nabi dan seorang pria besar masih sama.
Mengatakan bahwa peristiwa-peristiwa yang menyertai kelahiran Nabi Isa secara historis terbukti, ini masih jadi sesuatu yang dapat diperdebatkan oleh sejarawan lain yang bukan milik agama Kristen atau bahkan dapat diberhentikan karena memiliki hubungan dengan Isa, oleh orang lain yang tidak melihat peristiwa itu dari sudut pandang Kristen murni.
Karena itu, sejarah mungkin mengecewakan kita di sini dan untuk menghemat waktu, sejarah mungkin gagal dalam masalah iman, hanya karena sejarah sangat bergantung pada upaya manusia sementara agama adalah hal Ilahi; artinya, apa yang manusia itu terbatas dan cacat sedangkan yang Ilahi itu sempurna dan tidak terbatas.
Jika Anda bertanya kepada saya, apakah Anda percaya bahwa peristiwa aneh terjadi sekitar waktu kelahiran Nabi Muhammad, saya akan mengatakan, ya saya percaya bahwa apa yang telah dikatakan kepada kita oleh Nabi telah terjadi, pasti telah terjadi.
Dan apa yang kita tidak diberitahu oleh Nabi sendiri harus dikomunikasikan melalui para sejarawan, karena tidak ada asap tanpa api. Namun, saya benar-benar memercayai apa yang dikatakan Nabi kepada kami bahwa itu telah terjadi.
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh At-Tabarani, Nabi bersabda:
“Ketika ibuku hamil, dia melihat seolah-olah cahaya telah keluar dari dirinya dan meluas untuk meringankan istana Levant.”
Konteks Sejarah
Sekarang berbicara tentang sejarah itu sendiri, apakah sejarah itu dan bagaimana ia muncul?
BACA JUGA: Kisah Awal Masa Kehidupan Nabi Muhammad SAW
Sejarah pada dasarnya adalah rekaman, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, tentang insiden dan peristiwa kehidupan sejak dahulu kala. Cara sejarah dikomunikasikan dari satu generasi ke generasi biasanya melalui mulut ke mulut atau tulisan, catatan atau buku.
Ketika kita memikirkan apa yang terjadi pada saat kelahiran Nabi Isa dan bagaimana itu disampaikan kepada kita, kita akan menyadari bahwa mereka telah dikomunikasikan kepada kita melalui mulut ke mulut (narasi) yang kemudian dimasukkan ke dalam bentuk tertulis (dalam hal ini dalam Injil).
Ini adalah sejarah dalam maknanya yang paling sederhana, dan dengan menerapkan metodologi yang sama, kita dapat menyadari bahwa hal yang sama terjadi dengan peristiwa kehidupan Nabi Muhammad.
Dari mulut ke mulut
Mempertimbangkan bahwa orang Arab pada waktu itu tidak memiliki budaya membaca dan menulis dalam skala besar, satu-satunya cara untuk mengkomunikasikan sesuatu atau merekamnya adalah dari mulut ke mulut.
Hidup di padang pasir yang luas dan jernih, orang-orang Arab sangat terkenal karena ingatan kuat mereka yang memungkinkan mereka untuk menghafal ribuan baris puisi dan menceritakannya di seluruh Arab.
Dengan ingatan yang kuat inilah mereka merekamkan kepada kita peristiwa-peristiwa, termasuk runtuhnya beberapa bagian istana Khosrau I, air danau Sawa yang menghilang ke tanah, lembah Samawah yang dibanjiri air dan api suci para Magian yang padam setelah seribu tahun hidup.
Ini disimpan dalam ingatan generasi-generasi, sampai kemudian dituliskan dalam buku-buku yang berbicara tentang tahap sejarah manusia ini.” []
SUMBER: ABOUT ISAM