TERNYATA, amaliah saudara-saudara kita dari kalangan Nahdhiyyin (NU) yang membaca shalawat disela-sela takbir zawaid (tambahan)* pada shalat hari raya, memiliki contoh atau sandaran dari kalangan salaf. Diantaranya, Imam Makhul Asy-Syami Abu Abdillah –rahimahullah-.
Telah diriwayatkan oleh Abdurrazaq Ash-Shan’ani –rahimahullah- dalam “Al-Mushannaf” (13/291) No (5675) beliau berkata : Dari Muhammad bin Rasyid, sesunggunhnya dia mendengar Makhul berkata :
مصنف عبد الرزاق الصنعاني (3/ 291)
5675 – عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ رَاشِدٍ، أَنَّهُ سَمِعَ مَكْحُوَلَا يَقُولُ: «بَيْنَ كُلِّ تَكْبِيرَتَيْنِ صَلَاةٌ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ»
“Diantara tiap dua takbir terdapat (bacaan) shalawat kepada Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-).”
BACA JUGA: Khutbah Ied, Sekali Atau Dua Kali?
Sanad riwayat di atas SHAHIH.
Muhammad bin Rasyid adalah Al-Khuzai Abu Abdillah atau Abu Yahya Asy-Syami Ad-Dimasyqi. Dikenal dengan Al-Makhuli –berintisab kepada Makhul karena anak maula-nya-. Beliau termasuk thabaqat ke tujuh dari murid senior tabi’in wafat setelah 160 H. rawi ini telah ditsiqahkan oleh Imam Ahmad dan selekompok dari para ulama’ ahli hadits. Abu Hatim berkata : “Shaduq”. Ad-Daruquthni berkata : “Yu’tabar bih” (diperhitungkan). Ibnu Hajar berkata : Shaduq yahim rumiya bil qadar(Jujur tapi salah. Dan tertuduh sebagai qadariyyah). [Simak : Tahdzibut Tahdzib dan Taqrib di biografi beliau ].
Asy-Syaikh Al-Albani –rahimahullah- berkata :
وهو مختلف فيه، وقد وثقه الجمهور
“Beliau (Muhammad bin Rasyid Al-Khuza’i) telah diperselisihkan. Dan Jumhur (mayoritas ulama’ ahli hadits) telah mentsiqahkan beliau (menilai sebagai rawi kepercayaan).” [ Adh-Dhaifah : 13/339 ].
Dan kami pribadi, lebih condong kepada pendapat mayoritas ahli hadits. Beliau juga telah dipastikan meriwayatkan dari Makhul. Sebagaimana dinyatakan oleh Imam Adz-Dzahabi –rahimahullah- beliau berkata :
مُحَمَّدُ بنُ رَاشِدٍ المَكْحُوْلِيُّ الدِّمَشْقِيُّ المُحَدِّثُ، نَزِيْلُ البَصْرَةِ.حَدَّثَ عَنْ: مَكْحُوْلٍ – وَإِلَيْهِ يُنسَبُ، فَأَحْسِبُهُ ابْنَ مَوْلاَهُ –
“Muhammad bin Rasyid Al-Makhuli Ad-Dimasyqi, seorang ahli hadits, nazil (dari Damaskus kemudian pindah dan tinggal di Bashrah). Telah meriwayatkan dari Makhul – dan dinasabkan kepadanya. Aku mengira beliau anak dari maulanya-.[Siyar A’lamin Nubala’].
BACA JUGA: Benarkah Khutbah Ied di Atas Mimbar Bid’ah?
Adapun Makhul, adalah Makhul Asy-Syami Abu Abdullah Ad-Dimasyqi seorang ahli fiqh. Termasuk thabaqat ke lima dari generasi muda tabi’in, wafat tahun 100 sekian belasan H. Ibnu Hajar berkata : Tsiqah (kepercayan) dan faqih (ahli fiqh). Adz-Dzahabi berkata : Faqihnya negeri Syam. [Simak : Tahdzibtu Tahdzib, Siyar A’lamin Nubala’, dan Mizanul I’tidal].
Facebook: Abdullah Al-Jirani
—-
*Takbir zawaid (tambahan), maksudnya tujuh kali takbir yang diucapkan setelah takbir ihram (takbir pembukaan) para rekaat pertama, dan lima kali takbir pada rekaat kedua setelah takbir intiqal (takbir perpindahan). []