TELAH diriwayatkan dari Abdullah bin Umar –rodhiallohu ‘anhu- beliau berkata :
«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ، مَاشِيًا وَرَاكِبًا» وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا «يَفْعَلُهُ»
“Adalah Nabi –shollallahu ‘alaihi wa sallam- datang ke masjid Quba’ setiap hari Sabtu dalam keadaan berjalan kaki dan naik kendaraan. Dan Ibnu Umar –rodhiallohu ‘anhuma- melakukannya.” [ HR. Al-Bukhari : 1193 dan Muslim : 520. Dan lafadz di atas lafadz Al-Bukhari].
Rosulullah-shollallahu ‘alaihi wa sallam- datang ke masjid Quba’ setiap hari Sabtu, untuk melakukan sholat dua rekaat di sana. Sebagaimana dijelaskan dalam riwayat lain masih dari sahabat Abdullah bin Umar –rodhiallohu ‘anhu- beliau berkata :
فَيُصَلِّي فِيهِ رَكْعَتَيْنِ
“Maka beliau (Rosulullah) sholat dua rekaat di dalamnya (masjid Quba’). [ HR. Al-Bukhari : 1194 ].
BACA JUGA: Amal Baik Orang-orang yang Berdusta
Sisi pendalilan dari hadits di atas, sesungguhnya Rosulullah-shollallahu ‘alaihi wa sallam- mengkhususkan hari Sabtu untuk berkunjung ke masjid Quba’ dalam rangka melaksanakan sholat dua rekaat di dalamnya. Dan hal ini beliau lakukan terus-menerus karena diriwayatkan dengan lafadz (kaana). Asalnya, memberikan faidah istimror (terus-menerus).
Semua ini menjadi dalil, akan bolehnya mengkhususkan hari tertentu untuk melaksanakan suatu amal sholih atau ibadah dan terus menerus di atasnya. Jika memang tidak boleh, maka tentu nabi –shollallahu ‘alaihi wa sallam- tidak akan melakukannya.
Bahkan bahkan perbuatan Rosulullah-shollallahu ‘alaihi wa sallam- ini diikuti dan diamalkan oleh Abdullah bin Umar serta sahabat yang lain.
Al-Hafidz Ibnu Hajar –rohimahullah- berkata :
وَفِي هَذَا الْحَدِيثِ عَلَى اخْتِلَافِ طُرُقِهِ دَلَالَةٌ عَلَى جَوَازِ تَخْصِيصِ بَعْضِ الْأَيَّامِ بِبَعْضِ الْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَالْمُدَاوَمَةِ عَلَى ذَلِكَ
“Di dalam hadits ini beserta berbagai jalan-jalan periwayatannya menunjukkan, bolehnya untuk mengkhususkan sebagian hari dengan sebagian amalan sholih dan terus-menerus di atas hal itu.” [ Fathul Bari : 3/69 ].
Al-Imam An-Nawawi –rohimahullah- berkata :
وَقَوْلُهُ كُلَّ سَبْتٍ فِيهِ جَوَازُ تَخْصِيصِ بَعْضِ الْأَيَّامِ بِالزِّيَارَةِ وَهَذَا هو الصواب وقول الجمهور وكره بن مَسْلَمَةَ الْمَالِكِيُّ ذَلِكَ قَالُوا لَعَلَّهُ لَمْ تَبْلُغْهُ هَذِهِ الْأَحَادِيثُ
“Ucapannya : “setiap Sabtu”, di dalamnya terdapat dalil bolehnya untuk mengkhususkan sebagian hari untuk ziarah. Dan ini yang benar dan merupakan pendapat Jumhur (mayoritas ulama’). Ibnu Maslamah Al-Maliki memakruhkan hal itu. Para ulama’ berkata : mungkin hadits-hadits ini belum sampai kepadanya.” [ Syarh Shohih Muslim : 9/171 ].
Selain itu, hadits di atas juga menunjukkan akan bolehnya mengkhususkan tempat tertentu yang memiliki keutamaan, untuk melakukan suatu amalan sholih atau ibadah. Dimana nabi –shollallahu ‘alaihi wa sallam- mengkhususkan sholat dua rekaat di masjid Quba’. Dan masjid Qoba’, memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh masjid lain.
Al-Imam An-Nawawi –rohimahullah- berkata ketika menjelaskan hadits di atas :
وَفِي هَذِهِ الْأَحَادِيثِ بَيَانُ فَضْلِهِ وَفَضْلِ مَسْجِدِهِ وَالصَّلَاةِ فِيهِ وَفَضِيلَةِ زِيَارَتِهِ وَأَنَّهُ تَجُوزُ زِيَارَتُهُ رَاكِبًا وَمَاشِيًا وَهَكَذَا جَمِيعُ الْمَوَاضِعِ الْفَاضِلَةِ تَجُوزُ زِيَارَتُهَا رَاكِبًا وَمَاشِيًا وَفِيهِ
“Di dalam hadits-hadits ini terdapat keterangan akan keutamaan Quba’, masjidnya (masjid Quba’), sholat di dalamnya, serta keutamaan ziarah ke sana. Dan sesungguhnya boleh untuk berziarah dengan naik kendaraan dan jalan kaki. Demikian pula seluruh tempat-tempat yang memiliki keutamaan boleh untuk ziarah kepadanya dengan naik kendaraan dan jalan kaki di dalamnya.” [ Syarh Shohih Muslim : 9/170 ].
Perlu untuk diketahui, sesungguhnya keutamaan suatu amalan, dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya : keutamaan tempat yang digunakan untuk melakukan amalan dan keutamaan waktu yang digunakan untuk melakukan amalan di dalamnya. Sama-sama sholat dua rekaat misalnya. Akan berbeda keutamaannya jika dilakukan di tempat dan waktu yang berbeda.
Al-Imam Ibnu Rajab Al-Hambali –rohimahullah- (wafat : 795 H) berkata :
BACA JUGA: Trik-trik Dakwah dan Bermuamalah di Masyarakat
واعلم أن مضاعفة الأجر للأعمال تكون بأسباب منها شرف المكان المعمول فيه ذلك العمل كالحرم ولذلك تضاعف الصلاة في مسجدي مكة والمدينة كما ثبت ذلك في الحديث الصحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “صلاة في مسجدي هذا خير من ألف صلاة فيما سواه من المساجد إلا المسجد الحرام” وفي رواية: “فإنه أفضل” وكذلك روي: “أن الصيام يضاعف بالحرم” وفي سنن ابن ماجة بإسناد ضعيف عن ابن عباس مرفوعا: “من أدرك رمضان بمكة فصامه وقام منه ما تيسر كتب الله له مائة ألف شهر رمضان فيما سواه” وذكر له ثوابا كثيرا ومنها: شرف الزمان كشهر رمضان وعشر ذي الحجة وفي حديث سلمان الفارسي المرفوع الذي أشرنا إليه في فضل شهر رمضان: “من تطوع فيه بخصلة من خصال الخير كان كمن أدى فريضة فيما سواه ومن أدى فيه فريضة كان كمن أدى سبعين فريضة فيما سواه” وفي الترمذي عن أنس: سئل النبي صلى الله عليه وسلم أي الصدقة أفضل؟ قال: “صدقة في رمضان” وفي الصحيحين عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: “عمرة في رمضان تعدل بحجة” أو قال: “حجة معي”.
“Ketahuilah ! sesungguhnya dilipatgandakannya pahala untuk berbagai amalan, terjadi karena beberapa sebab, diantaranya : (1). Kemulian tempat yang digunakan untuk melakukan amalan di dalamnya seperti tanah haram (Mekah dan Madinah). Oleh karena itu, dilipatgandakan pahala sholat di dalam dua masjid Mekah dan Madinah (masjidu Haram dan Nabawi). Sebagaimana telah shohih hal itu dalam hadits yang shohih dari Nabi-shollallahu ‘alaihi wa sallam- beliau berkata : “Sholat di masjidku ini lebih baikd ari sholat seribu di selainnya dari masjid-masjid yang ada kecuali masjid Haram.” Dalam sebuah riwayat : “Sesungguhnya itu lebih utama.” Demikian pula diriwayatkan, sesungguhnya puasa dilipatgandakan pahala di tanah haram. Dalam Sunan Ibnu Majah dengan sanad yang lemah dari Ibnu Abbas secara marfu’ : “Barang siapa yang menjumpai Ramadhan di Mekah, lalu dia puasa dan menegakkan sholat darinya apa yang dia mudah baginya, Alloh akan mencatat baginya seratus ribu bulan Ramadhan di dalam apa-apa yang selainnya”. Dan beliau menyebutkan pahala-pahala yang banyak. (2). Kemulian waktu. Seperti bulan Ramadhan dan sepuluh bulan Dzul Hijjah. Dalam hadits Salman Al-Farisi yang marfu’ yang telah kami isyaratkan kepadanya dalam keutamaan bulan Ramadhan : “Barang siapa yang melakukan amalan tathawu’ (sunah) dari perangai dari perangai-perangai kebaikan, maka sebagaimana dia telah menuaikan amalan wajib di dalam apa-apa yang selainnya. Barang siapa yang menunaikan amalan wajib, sebagaimana dia telah menunaikan tujuh puluh kewajiban di dalam apa-apa yang selainnya.” Dalam sunan At-Tirmidzi dari Anas bin Malik : “Nabi pernah ditanya tentang sedekah yang paling mulia. Beliau menjawab : “Sedekah pada bulan Ramadhan”. Dalam shohihain dari Nabi –shollallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda : “Umrah pada bulan Ramadhan setara dengan haji”, atau “haji bersamaku”. [ Lathoiful Ma’arif : 151 ].
Al-Imam Al-Buhuti Al-Hambali –rahimahullah- (wafat 1051 H) berkata :
وَتُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ وَالسَّيِّئَةُ بِمَكَانٍ وَزَمَانٍ فَاضِلَيْنِ
“Kebaikan dan keburukan dilipatgandakan karena tempat dan waktu yang memiliki keutamaan.” [ Kasysyaful Qina’ : 2/472 ].
Al-Imam Ar-Rahaibani –rahimahullah- (wafat : 1243) berkata :
ولأن الحسنات تتضاعف بالزمان والمكان الفاضلين وكذا السيئات
“Karena sesungguhnya berbagai kebaikan itu akan dilipatgandakan pahalanya karena tempat dan waktu yang memiliki keutamaan demikian juga kejelekan.” [ Matholibu Ulin Nuha : 2/250 ].
Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz –rohimahullah- berkata :
الأدلة الشرعية على أن الحسنات تضاعف في الزمان الفاضل والمكان الفاضل مثل رمضان وعشر ذي الحجة، والمكان الفاضل كالحرمين فإن الحسنات تضاعف في مكة والمدينة مضاعفة كبيرة وقد جاء في الحديث الصحيح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: «صلاة في مسجدي هذا خير من ألف صلاة في ما سواه إلا المسجد الحرام وصلاة في المسجد الحرام أفضل من مائة صلاة في مسجدي هذا (2) » رواه أحمد وابن حبان بإسناد صحيح.فدل ذلك على أن الصلاة بالمسجد الحرام تضاعف بمائة ألف صلاة في سوى المسجد النبوي، وتضاعف بمائة صلاة في مسجد النبي صلى الله عليه وسلم، وبقية الأعمال الصالحة تضاعف، ولكن لم يرد فيها حد محدود إنما جاء الحد والبيان في الصلاة، أما بقية الأعمال كالصوم والأذكار وقراءة القرآن والصدقات فلا أعلم فيها نصا ثابتا يدل على تضعيف محدد، وإنما فيها في الجملة ما يدل على مضاعفة الأجر وليس فيها حد محدود
“Dalil-dalil syari’i menunjukkan, sesungguhnya kebaikan itu akan dilipatgandakan pahalanya di waktu dan tempat yang memiliki keutamaan. ( waktu yang memiliki keutamaan) seperti bulan Ramadhan dan sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah. Tempat yang memiliki keutamaan seperti Mekah dan Madinah. Karena kebaikan itu dilipatgandakan begitu banyak di Mekah dan Madinah. Telah datang dalam hadits yang shohih dari Nabi-shollallahu ‘alaihi wa sallam- sesungguhnya beliau bersabda : “Sholat di masjidku ini lebih baik dari seribu sholat di selainnya kecuali masjid Al-Haram. Dan sholat di masjid Al-Haram lebih utama dari seratus sholat di masjidku ini.” [HR. Ahmad, Ibnu Majah, dengan sanad yang shohih]. Hal itu menunjukkan, sesungguhnya sholat di masjid Al-Haram dilipatkankan seratus ribu sholat di selain masjid Nabawai. Dan sholat di masjid nabawi dilipatkan seratus sholat. Dan amal-amal sholih yang lain dilipatkan, akan tetapi tidak ada dalil yang menunjukkan batasan tertentu ( dari sisi jumlah pelipatgandaannya). Yang datang batasan dan penjelasannya hanya dalam hal sholat. Adapun dalam amal sholih yang lainnya, seperti puasa, dzikir, membaca Al-Qur’an, dan sedekah, akau tidak mengetahui akan adanya dalil yang shohih yang menunjukkan akan batasan (jumlah) pelipatgandaannya. Yang ada hanyalah secara umum dilipatgandakan pahalanya namun tidak ada batasan tertentu.” [ Majmu’ Fatawa : 3/388 ].
Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin –rohimahullah- berkata :
والصدقات ليس لها وقت محدد، بل إنها في أي وقت، وبعض الناس ينفقونها في رمضان، وفي عشر ذي الحجة، فمن أنفق في ذلك فله أجر أكبر؛ لأن الحسنات تضاعف في الزمان والمكان الفاضل
“Sedekah tidak memiliki waktu tertentu. Bahkan sesungguhnya ia disyari’atkan kapan saja. Sebagian manusia, menginfakkan hartanya di bulan Ramadhan dan bulan Dzulhijjah. Maka barang siapa yang menginfakkan hartanya di waktu itu, maka dia mendapatkan pahala yang lebih besar. Karena kebaikan itu akan dilipatgandakan di waktu dan tempat yang memiliki keutamaan.” [ Majmu’ Fatawa : 20/73 ].
Ibnu Hajar –rahimahullah- menyebutkan sebuah riwayat dari Ibnu Abbas dari Ka’ab Al-Ahbar dia berkata :
BACA JUGA: Wanita Shaliha Lebih Utama
الصدقة يوم الجمعة أفضل منها في سائر الأيام
“Sedekah di hari Jum’at lebih utama dari dari sedekah di seluruh hari.”[ Nuzhatus Sami’in : 22 ].
Aplikasi dari kaidah di atas sangatlah banyak, diantaranya :
1). Mengkhususkan sedekah, atau membaca Al-Qur’an, atau yang lainnya di hari Jum’at. Karena hari Jum’at merupakan hari yang paling mulia dari seluruh hari-hari yang ada.
2). Takbiran di hari raya dengan mengkhususkannya dilakukan di masjid. Karena masjid merupakan tempat yang paling Alloh cintai dan paling mulia di atas muka bumi ini.
3). Mengkhususkan meminta maaf di hari raya Idul Fitri.
4). Mengkhususkan ziarah kubur di bulan Sya’ban atau hari Jum’at.
5). Dan lain sebagainya.
Demikian pembahasan dari kami. Semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Barokallohu fiikum. []
Facebook: Abdullah Al Jirani