SYAIKHUL Islam Ibnu Taimiyyah bermadzhab, demikian juga murid beliau, Ibnul Qayyim. Para ulama Salafy di KSA mayoritas atau bahkan mungkin semuanya juga bermadzhab, seperti Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, Syaikh Muhammad bin Ibrahim, Syaikh Bin Baz, Syaikh Ibnu Utsaimin, Syaikh Shalih Al-Fauzan, Syaikh Abdul Muhsin, Syaikh Sa’ad Asy-Syatsri, Syaikh Luhaidan, Syaikh Bakr Abu Zain, Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh, dan yang lainnya. Mereka semua berjalan di atas madzhab Hanbali.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz menyatakan:
يجوز أن يتنسب الإنسان إلى أن يكون شافعيًا أو حنبليًا أو مالكيًا أو حنفيًا؛ لأنه نشأ على ذلك، وتعلم على مشايخهم.. ونحو ذلك؛ لا بأس أن ينتسب، الانتساب لا يضر
“Boleh bagi seorang insan untuk menisbatkan diri untuk menjadi syafi’i (pengikut madzhab Syafi’i), atau Hanbali, atau Maliki, atau Hanafi. Karena ia berkembang di atas hal itu. Dia belajar kepada guru-guru mereka….dan semisalnya. Boleh dan tidak mengapa seorang untuk menisbatkan diri ke suatu madzhab .” [ Majmu’ Fatawa Syaikh bin Baz ].
BACA JUGA: Anatomi Akhwat
Syaikh Shalih Al-Fauzan menyatakan:
التمذهب بمذهب واحد من المذاهب الأربعة مذاهب أهل السنة الأربعة المعروفة التي بقيت وحفظت وحررت بين المسلمين، والانتساب إلى مذهب منها، لا مانع منه، فيقال: فلان شافعي، وفلان حنبلي، وفلان حنفي، وفلان مالكي. ولا زال هذا اللقب موجودًا من قديم بين العلماء، حتى كبار العلماء، يقال: فلان حنبلي، يقال مثلًا: ابن تيمية الحنبلي، ابن القيم الحنبلي، وما أشبه ذلك، ولا حرج في ذلك
“Bermadzhab dengan salah satu madzhab yang empat, yaitu empat madzhab Ahlu Sunnah yang telah dikenal, yang tetap eksis, terjaga, dan ditahriri (diperiksa) diantara umat muslim, menisbatkan diri kepada salah satu darinya, tidak ada halangan (boleh). Maka dinyatakan : Fulan Syafi’i, fulan Hanbali, fulan Hanafi, dan fulan Maliki. Gelar ini terus menerus di kalangan para ulama sejak zaman dulu, sampaipun kepada para ulama kibar. Dinyatakan : fulan Hanbali. Misal dinyatakan : Ibnu Taimiyyah Hanbali, Ibnul Qayyim Hanbali, dan yang semisal hal itu. Tidak ada kesempitan dalam hal ini.” [ Majmu’ Fatawa : 2/701 ].
Syaikh bin Baz menyatakan bahwa beliau bermadzhab, dan madzhab beliau adalah Hanbali:
مذهبي في الفقه هو مذهب الإمام أحمد بن حنبل رحمه الله، وليس على سبيل التقليد ولكن على سبيل الاتباع في الأصول التي سار عليها.
“Madzhabku dalam masalah fiqh, adalah madzhab Imam Ahmad bin Hanbal – rahimahullah -, bukan dalam bentuk taqlid, akan tetapi dalam bentuk mengikuti ushul yang beliau berada di atasnya.” [ Majmu’ Fatawa : 4/166 ].
Dalam salah satu ceramahnya, Syaikh Shalih Al-Fauzan menasihatkan untuk mengikuti salah satu madzhab dari empat madzhab Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, yaitu Hanafi, atau Maliki, atau Syafi’i atau Hanbali. Walau beliau seorang Hanbali, tapi beliau menasihatkan umat Muslim untuk mengikuti madzhab mayoritas di negerinya masing-masing. Dalam arti, tidak mengajak untuk mengikuti madzhab Hanbali yang beliau ikuti. Kalau di Indonesia, madzhab mayoritas penduduknya adalah Syafi’i.
BACA JUGA: Akhwat Gunakan Wewangian, Bolehkah?
Syaikh Shalih Al-Fauzan berkata : “Apabila penduduk suatu negeri di atas madzhab yang shahih, yaitu salah satu madzhab dari madzhab Ahlus Sunnah, maka janganlah dia memisahkan diri darinya. Di atas madzhab yang shahih, dari madzhab Ahlus Sunnah, seperti Syafi’iyyah, Hanafiyyah, Hanabillah, dan Malikiyyah. Madzhab-madzhab ini, Alhamdulillah madzhab sunniyyah dan (direkomendasikan) untuk dipelajari. Maka janganlah seorang keluar dari (madzhab) mereka, janganlah memisahkan diri dari mereka, dan jangan membuat kekacauan kepada mereka.” [ Majmu’ Fatawa ].
Akhirnya muncul beberapa pertanyaannya : Kenapa sebagian penuntut ilmu yang berkiblat ke Syaikh Islam Ibnu Taimiyyah, muridnya (Ibnul Qayyim), serta para ulama Saudi tidak bermadzhab ? atau seandainya bermadzhab, kenapa bermadzhab tarjih ? Dimana madzhab tarjih ini keluar dari madzhab fiqh yang empat, yang Syaikh Shalih Fauzan pun tidak pernah merekomendasikannya ?
Sebagai bahan renungan, bukan bahan untuk diperdebatkan. Wallahu a’lam bish shawab. []
Facebook: Abdullah Al-Jirani